Ini Alasannya, Golkar tak Usung Kader Balon Walikota Ambon

  • Bagikan
KPK
kantor Walikota Ambon

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Partai Golongan Karya (Golkar) memastikan tidak mengusung kadernya sebagai calon Walikota Ambon di Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Ambon 2024. Sejumlah faktor jadi pertimbangan dua partai besar itu.

Golkar biasanya selalu mengorbitkan kader mereka untuk berebut kursi Walikota Ambon. Seperti diketahui, kedua partai ini selalu berlawanan pada Pilkada Kota Ambon.

Dalam sepuluh tahun terakhir, ibu kota Provinsi Maluku ini dipimpin Richard Louhenapessy, yang merupakan kader Golkar. Sepuluh tahun sebelum Louhenpessy, Ambon dipimpin salah satu kader terbaik PDIP, Marcus Jacob Papilaja.

Menjelang Pilwalkot Ambon November 2024, nama sejumlah kader Golkar mencuat sebagai bakal calon Walikota Ambon. Salah satunya, anggota DPRD Maluku tiga periode, Richard Rahakbauw.

Bahkan, Rahakbauw telah menyampaikan ke khalayak akan mencalonkan diri. Namun belakangan setelah pendaftaran dibuka hingga pengembalian berkas selesai, Richard tak mendaftar.

Nama lainnya yang muncul saat pendaftaran adalah Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisutta, dan pengurus DPD Golkar Maluku Subhan Pattimahu. Namun dua figur ini mendaftar sebagai bakal calon Wakil Walikota Ambon.

Sekretaris DPD Golkar Maluku, Abner James Timisela mengatakan, Golkar realistis tidak mendorong kader sebagai calon Walikota Ambon karena hasil Pileg 2024 yang tidak sesuai harapan.

Partai berlambang pohon beringin ini hanya memperoleh 3 kursi di DPRD Kota Ambon, berkurang dari 4 kursi pada Pileg 2019 lalu. Selain itu, tidak ada kader yang maju sebagai calon Walikota. Olehnya itu, Golkar memberi peluang kepada figur eksternal.

Namun Golkar sangat berharap, siapapun figur eksternal yang diusung, wajib mengambil pasangan wakil dari kader Golkar.

"Kita realistis saja dengan hasil Pileg kemarin. Kalaupun tidak ada, maka ada peluang kepada calon yang lain dari eksternal untuk diusung, namun wajib baginya mengambil wakil dari partai Golkar," kata Timisela kepada Ambon Ekspres, Selasa (25/6/2024).

Bakal calon Walikota yang mengembalikan berkas di DPD Golkar Kota Ambon adalah, Bodewin Watimena, Jantje Wenno, dan Agus Ririmase. Sedangkan bacalon wawali Ely Toisutta dan Subhan Pattimahu yang merupakan kader Golkar.

"Dari ketiga calon ini, juga akan dilihat pada hasil survei. Rencana survei internal Golkar dilakukan sebanyak tiga kali dan keputusan siapa yang direkomendasi itu kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP)," jelasnya.

Golkar, kata dia, seharusnya mendukung anggota DPRD Maluku dapil Kota Ambon, Richard Rahakbauw (RR) sebagai calon Walikota Ambon. Namun yang bersangkutan tidak lagi bersedia.

"Makanya kami belum ada figur untuk kosong satu Kota Ambon, dan siapapun figur yang diusung, harus mengambil kader Golkar sebagai wakilnya," pungkas Abner. (wahab)

  • Bagikan