Hujan Lebat, Perumnas Waiheru Terendam Banjir

  • Bagikan
banjir Waiheru
Kondisi Sungai di Perumnas Waiheru, Kota Ambon, Kamis (4/7/2024).

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Hujan yang terjadi sejak, Rabu (3/7/2024) malam hingga Kamis (4/7/2024) malam merendam rumah warga di Perumnas waiheru, kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Air sungai meluap keluar hingga menyebabkan banjir dan merendam rumah warga yang tinggal di sekitar wilayah RT 020/RW 008. Luapan air itu membawa lumpur serta sampah plastik. Warga berusaha melindungi rumahnya dengan alat seadanya, agar air tidak masuk kedalam rumah.

Ketua RT 020/RW 008, M. Hidayat, berpesan, agar warganya berhati-hati untuk kemungkinan terburuknya.

"Alhamdulillah, untung talud kali dapat bertahan kuat. Kalau sempat jebol, maka akan ada puluhan rumah yang terendam banjir," katanya kepada Ambon Ekspres, Kamis, (04/7).

Program yang ia canangkan untuk tidak membuang sampah di kali berhasil. Memang agak susah untuk menyadarkan para warganya. Namun, kalau dibarengi dengan keikhlasan, Hidayat yakin para warga dapat membuang sampah pada tempat yang disediakan.

Terpisah, warga RT 020/RW 008, Ahmad Nasir, mengaku bila datang hujan lebat, sering kali di RT 020/RW 008, banjir. Air sungai masuk hingga ke dalam rumah.

"Namun, sejak ada talud yang dibangun sekitar 30 tahun lalu, yang dibangun oleh kontraktor swasta, bisa meminimalisir banjirnya masuk ke rumah warga,” tuturnya. (leo)

  • Bagikan