Pilwakot Ambon: Ramli Sebut Koalisi Golkar-PDIP Kemungkinan Terjadi

  • Bagikan
Ramly Umasugi
Ketua DPD Golkar Maluku, Ramli Umasugi

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Koalisi Golkar dan PDIP di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon terbuka dilakukan. Apalagi kader Beringin, Ely Toisuta akan mendampingi Bodewin Wattimena yang telah mendaftar di PDIP.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Golkar Provinsi Maluku Ramli Umasugi saat dikonfirmasi, ameks.fajar.co.id, Kamis (4/7/2024). Dia mengaku manuver Ely Toisuta
dengan mendaftar ke PDI-Perjuangan Kota Ambon
sebagai bakal calon Wakil Walikota
merupakan haknya.

Meski belum mendapat laporan langsung dari Ely Toisuta, namun Ramli tidak menapik jika kemungkinan peluang koalisi partai Golkar dengan partai lain di Pilkada Kota Ambon termasuk PDIP bisa saja terjadi.

"Belum di sampaikan. Tapi ada kemungkinan boleh saja koalisi, tapi seharusnya dia (Ely Toisuta) ada pembicaraan dulu," jawab Ramli saat dikonfirmasi media ini, Kamis (04/07/2024)

Ramli mengaku, Ely Toisuta sudah pernah menemuinya membicarakan perihal mendampingi Bodewin Wattimena sebagai pasangan Wakil Walikota Ambon.

"Ibu Ely, pernah ketemu untuk membicarakan pasangan dengan Pak Bodewin dan saya mempersilahkan berproses dan berkoordinasi," sebut Ramli.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kota Ambon Max Siahay juga menyebutkan, bahwa belum pernah ada komunikasi Ely Toisuta terkait mendaftarnya ke PDIP.
Namun kata dia, Golkar tetap dorong kader maju sebagai bakal calon Wakil Walikota Ambon.

"Mungkin komunikasinya dengan DPD Provinsi atau DPP. Kami di DPD Kota Ambon tidak. Ibu Elly mendaftar di PDIP bagi kami partai Golkar tidak masalah dan tidak membatasi kader untuk membangun koalisi," jelasnya.

Sekretaris DPD Golkar Maluku Abner James Timisela menyebutkan, bahwa terkait koalisi dalam politik apa saja bisa terjadi. Bahkan itu bisa terjadi ke partai Golkar untuk koalisi dengan partai manapun.

"Didalam politik segala kemungkinan bisa terjadi.
Ibu Ely sebagai salah satu kader terbaik Golkar di Kota dan telah berproses dalam kontestasi politik serta telah dipinang Bodewin sebagai Calon Wakil Walikota Ambon,"sebutnya.

Ia menyebut, Ely Toisuta mendaftar di PDIP karena calon Walikota Bodewin Wattimena juga daftar di partai yang sama sehingga dianggap tidak masalah, karena perlu dukungan.

"Ibu Ely sudah melaporkan itu kepada saya sebagai Sekretaris. Namun saya belum sempat sampaikan ke pak ketua," sahut Timisela. (Wahab)

  • Bagikan