Kebut Sehari, Jembatan Way Yala Sudah Bisa Dilewati Kendaraan Bermotor

  • Bagikan
jalur way yala
Jalur jembatan Way Yala, Tamilouw-Haya, Kabupaten Malteng, akhirnya bisa dilewati kendaraan bermotor.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Oprit Jembatan Way Yala pada jalur jalan Tamilouw - Haya, Kabupaten Maluku Tengah, berhasil ditangani sementara. Jalur itu sejak, Minggu (7/7/2024) malam sudah bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

“Sudah bisa dilewati,” kata Kasatker PJN wilayah II Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah Maluku, Toce Leuwol ketika dikonfirmasi ameks.id, Senin (8/7/2024).

Kerusakan pada Jembatan Wai Yala di Km. 17+800 pada ruas jalan Tamilow - Haya, terjadi pada bagian Oprit sisi barat jembatan. Kerusakan akibat banjir yang cukup besar terjadi pada sungai tersebut.

Pekerjaan perbaikan sementara yang dimulai sejak siang hingga Minggu tengah malam itu, kata Lewol, lebih awal dilakukan pemancangan batang kelapa. Setelah itu baru dilakukan penimbunan di daerah oprit yg mengalami gerusan sehingga akses kendaraan bisa dilewati.

Kendaraan bermotor, kata dia, sudah bisa melewati jembatan Way Yala pada Minggu (7/7/2024) sekira pukul 21.30 WIT. Pekerjaan ini dikebut, mengingat jalur tersebut cukup vital bagi aktivitas ekonomi masyarakat.

Pekerjaan perbaikan dilakukan tak lebih 24 jam, kata Leuwol, untuk memastikan tidak terjadi penumpukan kendaraan bermotor. Jalur itu sendiri, menjadi poros ke distribusi sumberdaya ekonomi ke Masohi, juga Kota Ambon.

“Jadi setelah selesai pemasangan Bailey, kendaraan sudah bisa lewat. Kita akan memantau kondisinya, dan juga jalur-jalur lain yang rawan terjadinya bencana,” ungkap Leuwol.

Sementara untuk jalur jalan Amahai - Tamilouw pada Stasiun 27+500, kata Leuwol, sudah dilakukan pemasangan Bailey, akibat kerusakan pada gorong-gorong jalan.

Jalur jalan Amahai - Tamilouw ini ambalas, akibat tergerus banjir. Kerusakannya cukup parah, membentuk lubang besar. Namun tidak sampai memutus badan jalan.(yani)

  • Bagikan