Banjir Kepung Lima Dusun di Lokki SBB, Puluhan Rumah Terendam

  • Bagikan
Seram Bagian Barat
Kondisi banjir di Dusun Olas, Desa Lokki, SBB, Rabu (10/7/2024). (foto tangkapan layar)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Puluhan rumah terendam banjir, Rabu (10/7/2024) setelah hujan lebat turun menguyur Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Sebanyak lima dusun dilaporkan terendam banjir. Dusun-dusun itu, adalah Olas, Tana Goyang, La’ala, Katapang, dan Ani. Selain rumah warga, sekolah-sekolah di lima dusun itu juga terendam banjir.

Posisi dusun yang berada dekat aliran sungai, mempermudah banjir meluap hingga ke rumah-rumah warga, maupun fasilitas pendidikan. Banjir itu tak hanya berisi air, namun juga lumpur dan batang pohon, ranting pohon, dan bebatuan.

Puluhan Kepala Keluarga terpaksa mengungsi, setelah sebagian rumah mereka ditutupi lumpur. Rabu (10/7/2024) alat berat exvator milik Pemerintah dikerahkan ke lokasi banjir di Olas.

Kepala dusun Olas, Nurdin yang dihubungi wartawan, Rabu (10/7/2024) membenarkan rumah warga terendam banjir, akibat luapan aliran sungai di wilayah itu.

“Ada belasan rumah yang terendam banjir. Warga yang rumahnya terendam banjir mengungsi ke lokasi aman untuk sementara, sambil menunggu air surut,” ungkap Nurdin.

Tokoh masyarakat Katapang bernama Usman, mengungkapkan dusunnya juga mengalami banjir cukup besar. Puluhan rumah warga ikut terendam banjir hingga sebetis orang dewasa.

“Ada puluhan rumah warga yang terendam banjir. Jumlah pastinya kita belum tahu, karena masih banjir. Kita berharap banjir segera surut,” ungkap Usman yang dihubungi wartawan, Rabu(10/7/2024).(yani)

  • Bagikan