Pilgub Maluku: Resmi Jadi Wakilnya HL, Ramli Pastikan Dapat Golkar

  • Bagikan
Ramly Umasugi
Ketua DPD Golkar Maluku, Ramli Umasugi

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Bakal Calon (Balon) Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa (HL) dikabarkan telah sepakat meminang Ketua DPD Golkar Maluku, Ramli Umasugi, sebagai wakilnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 27 November 2024 mendatang.

Ramli merupakan figur ketiga yang dipinang Ketua DPD Partai Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa, setelah sebelumnya sempat gagal berpasangan dengan Srikandi PKS Saadiah Uluputty serta Mantan Gubernur Said Assagaff.

Jika keduanya resmi berpasangan, maka bisa dipastikan bahwa Koalisi Partai Gerindra dan Golkar akan terjadi di Pilgub Maluku, serta menjadi lawan cukup kuat bagi petahana Murad Ismail.

Terkait informasi itu, Ketua DPD Golkar Maluku Ramli Umasugi yang dikonfirmasi Ambon Ekspres melalui telepon seluler, Rabu (11/7) membenarkan kabar dirinya akan berpasangan dengan Lewerissa di Pilgub 2024.

“Secara personal kita berdua (Hendrik-Ramli) sudah bertemu dan sepakat untuk berpasangan sebagai Calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Maluku secara pribadi,”ungkap Ramli.

Kesepakatan bersama Lewerissa, lanjut Ramli, ternyata telah sejalan dengan hasil rapat pleno di DPP Partai Golkar. “itu memutuskan Golkar akan berkoalisi utama dengan partai Gerindra,”ujarnya.

“Dimana Gerindra sebagai Calon Gubernur maka Golkar ada diposisi Calon Wakil Gubernur. Nah kebetulan Pak Hendrik telah sepakat dengan saya, jadi mengenai prosesnya ke depan sudah tidak ada hambatan,”paparnya.

Mantan Bupati Buru dua periode itu menjelaskan, dalam bursa pencalonan di Pilkada 2024, DPP Partai Golkar kadernya terutama para ketua DPD untuk mendapatkan rekomendasi.

Mengenai rekomendasi partai Golkar kepada dirinya dan Hendrik Lewerissa, Ramli mengaku, akan dikeluarkan dalam waktu dekat sekira pertengahan Juli 2024 nanti.

“Rekomendasi Golkar ini ada dua tahap, yang pertama pada pertengahan Juli 2024 untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, kedua baru untuk calon Walikota serta Bupati pada awal Agustus. Rekomendasi Gubernur dikeluarkan duluan karena konsolidasinya lebih luas,”tutupnya.(ZAP)

  • Bagikan