Hanya Orno-FCT Diundang DPP PDIP, Ini Penjelasan Benhur Watubun

  • Bagikan
Ketua DPD PDI-Perjuangan Maluku
Benhur Watubun

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID —Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi indonesia Perjuangan (PDiP) sedang melakukan pemantapan konsolidasi organisasi internal partai untuk pemenangan Pilkada serentak 2024.

Hal itu diketahui setelah surat DPP PDIP nomor 6325 /IN/DPP/VII/2024, perihal intruksi dan undangan dan pemantapan Batch-3 Tim Pemenangan Daerah Pilkada Serentak 2024, yang bocor ke publik, Rabu (17/7/2024).

Surat tertanggal 16 Juli yang ditujukan kepada calon kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pilkada 2024 itu, ditandatangani langsung oleh Ketua DPP PDIP, Bambang Wuryanto,dan Sekretaris Jendral Hasto Kristiyanto.

Kegiatan pemantapan bagi tim pemenangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung oleh PDIP itu, akan digelar di Seruni Hotel The Fountains Hotel, Cibeureum, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 23-25 Juli 2024 mendatang.

Undangan dan instruksi tersebut diberikan DPP PDIP kepada puluhan calon gubernur dan wakil gubernur, calon bupati-wakil Bupati serta calon Walikota -Wakil Walikota di 27 Provinsi termasuk Maluku.

Di dalam surat tersebut menjelaskan bahwa, DPP PDIP mengintruksikan kepada setiap calon Kepala Daerah maupun calon Wakil Kepala Daerah untuk masing-masing mengirimkan sembilan orang Tim Pemenang untuk mengikuti Pemantapan Batch-4 Pemenangan Daerah Pilkada Serentak 2024.

Namun khusus untuk Maluku, hanya ada dua figur yang mendapat instruksi untuk mengikuti kegiatan di- maksud, yakni Febry Calvin Tetelepta (FCT), dan Barnabas Orno.

Padahal, diketahui bahwa selain Barnabas Orno dan FCT, figur bakal calon Gubernur Maluku seperti Jeffry Apoly Raharien (JAR), Said Latuconsina juga terdaftar secara resmi di PDIP.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Benhur G Watubun akhirnya buka suara. Menurutnya, surat instruksi itu mestinya tidak beredar luas ke publik.

“Surat ini mestinya tidak beredar. Kita lagi koordinasi dan jika diketahui pihak yang mengedarkan maka pasti ada sikap DPP PDIP,”jelas Benhur saat dikonfirmasi Ambon Ekspres, melalui WhatsApp, Rabu (17/7)kemarin.

Selaku Ketua DPD PDIP Maluku, ia mengklarifikasi bahwa surat itu hanya ditujukan kepada internal kader, atau dengan kata lain calon-calon yang berasal dari internal PDIP.

“Itu khusus untuk calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang merupakan kader, agar perlu memantapkan diri bersinergi dengan partai, untuk mengirim peserta kegiatan pelatihan sebagaimana dimaksud dalam surat tersebut. Sementara untuk Surat Tugas, DPP PDIP telah memberikan kepada empat calon Gubernur yang mendaftar,”ungkap Benhur yang juga Ketua DPRD Provinsi Maluku itu.

Barnabas Orno dan FCT, tambahnya, menerima surat atau intruksi tersebut karena mereka merupakan kader PDIP.

“Itu hanya untuk calon yang merupakan kader partai. Pelatihan ini juga sudah masuk gelombang ke tiga,”tutupnya.(zainal patty)

  • Bagikan