Soal Opsi PDIP Dukung Balon Gubernur yang tak Daftar, Benhur: Kewenangan Ketum PDIP

  • Bagikan
PDIP
Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur watubun.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — DPP PDIP belum memutuskan dukungan untuk Bakal calon Gubernur Maluku. Namun dalam rapat pemantapan Batch-3 Tim Pemenangan Daerah Pilkada Serentak 2024, nama Hendrik Lewerissa sempat dibicarakan, menjadi salah satu opsi.

Rapat itu berlangsung, Rabu (17/7/2024) di Jakarta. Barnabas Orno dan Febry Calvin Tetelepta diundang dalam rapat yang juga memaparkan hasil survei internal PDIP untuk Pilkada di Maluku, termasuk Pemilihan Gubernur Maluku.

Informasi yang diperoleh ameks.id, dari survei internal dengan simulasi 16 figur untuk Calon Gubernur Maluku, Murad Ismail masih teratas dengan elektabilitas 20,5 persen.

Menariknya, tiga figur, masing-masing Hendrik Lewerissa, Jerry Apold Rahawarin (JAR) dan Abdullah Vanath, memiliki elektabilitas yang nyaris sama, yakni 11 persen. Bedanya hanya pada nilai dibelakang koma.

Atas hasil survei ini, sumber ameks.id, mengungkapkan, tiga nama ini dibahas sebagai figur yang disiapkan PDIP untuk bertarung dengan Murad Ismail.

Abdullah Vanath menjadi opsi sebagai Bakal calon (Balon) Wakil Gubernur Maluku. Sementara, JAR dan Hendrik dibahas untuk salah satunya di rekomendasikan sebagai Calon Gubernur Maluku.

Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur Watubun yang dikonfirmasi ameks.id, Kamis (18/7/2024) mengungkapkan masalah rekomendasi atau siapa yang bakal diusung PDIP, baik itu figur yang ikut mendaftar atau tidak mendaftr, sudah menjadi kewenangan Ketua umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Kalau itu sudah menjadi ranah Ketua Umum. Kami sudah mengusulkan semua kandidiat yang pendaftar di Partai,” kata Benhur melalui pesan whatsapp-nya.(wahab)

  • Bagikan