Sulitnya HL Mencari Balon Wagub, Sementara Langkah Ramli Belum Mulus di Golkar

  • Bagikan
Gubernur Maluku
Hendrik Lewerissa (tengah) bersama Ramli Umasugi (kanan) dan Rizal Mallarangeng.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Rekomendasi Gerindra, menepis keraguan publik, Hendrik Lewerissa (HL) tak akan bertarung di Pemilihan Gubernur Maluku. Sementara, Ramli Umasugi dihadang internal Golkar untuk mendampingi HL, sebagai Bakal calon Wakil Gubernur.

Penetapan HL sebagai Balon Gubernur Maluku yang didukung Gerindra, disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ahmad Muzani di Jakarta. Namun penetapan rekomendasi itu tidak disertai nama Balon Wagub.

Dipilih Ramli oleh HL, karena Golkar punya empat kursi di DPRD Maluku hasil Pemilu 2024. Dengan empat kursi, ditambah Gerindra yang memiliki lima kursi, cukup bagi pasangan ini mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku.

Sebelum Ramli, HL sudah mencoba menggandeng, Saadiah Uluputty. Namun langkah Saadiah tak direstui PKS, partai politiknya. Saadiah beralasan ingin berkosentrasi sebagai Anggota DPR RI, karena terpilih kembali untuk periode 2024-2029.

Padahal, Saadiah sudah sempat mendaftar di Gerindra juga PPP. Saadiah juga dalam beberapa kesempatan, menegaskan akan maju dalam bursa Pilgub Maluku, mendampingi HL.

Upaya memasangkan dua anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 ini, gagal. HL kemudian coba melobi Said Assagaff, mantan Gubernur Maluku. Assagaff pung setuju, namun lagi-lagi mantan Sekda Maluku ini terhalang aturan.

Kini pilihan politik HL berlabuh di Ramli Umasugi, Ketua DPD Golkar Maluku, juga Bupati Buru dua periode. Ramli pastikan akan bersama HL dalam Pilgub Maluku, pertemuannya dengan Ketua umum Golkar Airlangga Hartarto, menambah keyakinan Ramli mendapat dukungan Beringin.

Ramli mengaku, restu Airlangga disampaikan kepadanya langsung saat dirinya silaturahmi di Rumah Dinas Airlangga Komplek Widya Chandra Jakarta, Jum'at (19/07/2024) malam.

"Itu silaturahmi biasa saya dengan pak Ketum. Tapi karena momen politik dan saya sebagai ketua Golkar Maluku, maka saya sampaikan terkait perkembangan Pilkada terutama untuk Kabupaten/Kota di Maluku," sebut Ramli saat ini konfirmasi media ini, Sabtu (20/07/2024)

Hanya saja langkah Ramli belum mendapat dukungan internal Golkar. Ketua DPP Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Hamzah Sangadji menegaskan, Golkar belum memutuskan pilihan di Pilgub Maluku.

Soal Ramli, dia mengatakan dalam rapat internal Golkar beberapa waktu lalu, justru mengusulkan Jeffry Apoly Rahawarin (JAR) untuk direkomendasikan sebagai Balon Gubernur Maluku.

Dalam survei yang dilakukan Golkar, kata Hamzah, juga tidak ada nama Hendrik, hanya JAR, Hamzah Sangadji, Ramli Umasugi, dan Mukti Keliobas Bupati Seram Bagian Timur (SBT) sebagai Balon Wagub. (yani)

  • Bagikan