Pilkada SBT: Hari Pertama Pendaftaran, KPU SBT Masih Sepi

  • Bagikan
bupati sbt
Ketua KPU SBT, Syahrifudin Faud.

BULA, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Hari pertama pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur(SBT) di Komisi Pemilihan Umum, masih sepi. Belum ada kandidat yang mendaftar.

Ketua KPU SBT Syahrifudin Faud mengatakan, hari pertama pembukaan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati SBT masih sepi. Belum ada satupun calon kepala daerah yang mendatangi kantor tersebut. Pembukaan pendaftaran sudah dibuka sejak pagi.

"Pendaftaran telah kami buka tanggal 27 Agustus 2024. Tadi pagi sudah dilakukan rapat pleno pendaftaran.Hingga pukul 14.00 wit belum ada pasangan calon yang melakukan konfirmasi untuk melaksanakan pendaftaran,"ungkap Faud kepada wartawan di ruang Aula KPU SBT,Selasa(27/8/2024).

Faud mengaku, sudah ada tiga pasangan calon yang melakukan konfirmasi jadwal pendaftaran saat dilakukan Technical Meeting. Tetapi pendaftaran itu kata dia, tidak dilakukan pada tanggal 27 atau hari pertama.

Meski demikian, pihaknya tetap menunggu hingga batas waktu yang telah ditentukan yaitu 16.00 wit.

"Yang pertama pasangan Facrhi Alkatiri dan Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena (Vitho) itu tanggal 28 Agustus jam 15.00. Kemudian pasangan Abdul Malik Kastela dan Arobi Kelian itu tanggal 29 tapi jamnya belum dokonfirmasi. Selanjutnya Ibu Rohani Vanath dan Madja Rumatiga itu tanggal 29 jam 16.00 wit,” kata dia.

Sementara untuk pasangan calon yang lain, tambah dia, belum ada konfirmasi mengenai pendaftaran. Pada prinsipnya pihaknya tetap menunggu sesuai jadwal pada hari Kamis,hingga pukul 23.59 wit.

"Pasca putusan MK,kami sudah diberikan surat dinas 1692 untuk mengikuti putisan MK nomor 60 dan nomor 70. Setelah 24 Agustus itu sudah keluar PKPU nomor 10 tahun 2024 tentang perubahan PKPU nomor 8 tentang pencalonan,”tutur Faud.

Jika terdapat berkas pasangan calon yang kurang, pihaknya langsung mengembalikan."Jadi perbaikan itu tetap pada koridor berkas yang kurang,tetapi berkas yang masih salah dan seterusnya itu saja yanh diperbaiki,"pungkasnya.(jamal umage)

  • Bagikan