Bikin Bangga ! Remaja 12 Tahun Asal Maluku Ini Sambut Paus Fransiskus

  • Bagikan
Paus Fransiskus
Irfan Wael, remaja berusia 12 tahun asal Kabupaten Buru, Provinsi Maluku saat menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (3/9).-ISTIMEWA

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Irfan Wael, remaja berusia 12 tahun asal Kabupaten Buru, Provinsi Maluku terpilih bersama Mary Louders (6 tahun) asal Jakarta yang diberi kesempatan bersejarah dalam seremoni penyambutan Bapa Suci Paus Fransiskus yang tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024).

Paus Fransiskus memulai kunjungan Apostolik atau lawatan resmi kenegaraan di Indonesia hingga 6 September mendatang.

Ketua Komsos Keuskupan Amboina, RD Emanual Do kepada wartawan mengatakan, terpilihnya Irfan yang juga umat Paroki St. Petrus Waeapo ini disampaikan Pastor Atus Mayabubun, mantan Pastor Rekan di Paroki St. Petrus Waeapo yang mengurus pendidikan anak-anak di Pulau Buru.

Pastor Atus saat ini sedang menjalankan misi pelayanan di Sabah Malaysia. Irfan Wael merupakan putra dari Bapak Conos Wael, umat Katolik Stasi Wambasalahin Paroki St. Petrus Waeapo Pulau Buru, saat ini berdomisili di Jakarta, tepatnya di asrama St.Vincentius Putra.

Irfan adalah salah satu anak dari Keuskupan Amboina Pulau Buru yang sedang menempuh pendidikan di Jakarta sebagai usaha dari Keuskupan Amboina untuk memajukan masyarakat Pulau Buru, salah satunya di Bidang Pendidikan.
Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik sekaligus kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024. Kunjungan Bapa Suci Pemimpin Gereja Katolik Dunia ini akan mencakup berbagai pertemuan penting hingga misa akbar.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini akan menjadi perjalanan apostolik yang ke-45 dalam masa kepausannya. Perjalanan apostolik ini merupakan kunjungan Paus sebagai utusan kekristenan ke gereja-gereja Katolik yang tersebar di dunia. Sebelum Paus Fransiskus, Indonesia pernah dua kali dikunjungi oleh Pemimpin Tertinggi Takhta Suci Vatikan.

Kunjungan pemimpin tertinggi umat Katolik Bapak Suci Paus datang ke Indonesia ini merupakan kali ketiga. Pertama pada tahun 1970 yakni Paus Paulus VI dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. Dan yang ketiga ini kunjungan Paus Fransiskus yang tiba di Indonesia pada 3 September 2024.

Paus Paulus VI merupakan Pemimpin Gereja Katolik yang pertama kali pernah melakukan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan Paus Paulus VI di Indonesia berlangsung pada 3-4 Desember 1970. Kota yang dikunjungi adalah Jakarta. Ini merupakan kunjungan singkat dan bukan kunjungan resmi kenegaraan.

Setelah Paus Paulus VI, Paus Yohanes Paulus II merupakan Pemimpin Tertinggi Takhta Suci Vatikan kedua yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan Paus Yohanes Paulus II berlangsung pada 8-12 Oktober 1989. Kota yang dikunjungi yaitu Jakarta, Maumere, Yogyakarta, dan Medan. Dalam kunjungan ini, Paus Yohanes Paulus II melakukan lawatannya selama seminggu di Indonesia. Ini merupakan kali pertama Paus melakukan kunjungan resmi kenegaraan dan berkeliling Indonesia.(***/KIE)

  • Bagikan