PON Aceh-Sumut: Menang KO Atas Atlet Bali, Tomaso Melaju ke Final Muaythai

  • Bagikan
PON Aceh
Yulia Tomasoa (merah) saat bertarung melawan atlet Bali, Aprilia Nurul di babak semifinal Muaythai. (foto by faisal/ameks)

ACEH,AMEKS.FAJAR.CO.ID,-Atlet Muaythai asal Maluku, Yulia Tomasoa berhasil menang atas petarung asal Bali, Aprilia Nurul dalam babak semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut Tahun 2024.

Faisal Lestaluhu, wartawan Ambon ekspres yang melaporkan dari Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Kota Banda Aceh, Tomasoa berhasil memukul KO lawannya di babak kedua.

Dengan hasil ini, Tomasoa berhak mendapatkan satu tiket final dan akan bertarung melawan atlet asal Sulawesi Utara, Angelian Runtukahu yang menang atas wakil Jawa Timur, Erfin Novitarini.

Tomasoa mengungkapkan rasa syukurnya. Menurutnya, hasil pertandingan yang baik itu adalah wujud dari latihan keras yang dijalaninya selama beberapa bulan terakhir.

” Puji Tuhan, saya senang sekali karena dengan menjalani latihan yang keras dan sudah saatnya untuk kita bersinar di PON kali ini, " terang dia kepada media ini di Aceh, Selasa (10/9).

Menurut Tomasoa, rahasia dibalik rasa kepercayaan dirinya saat bertanding adalah dukungan dan doa dari pelatih maupun warga Maluku di Aceh maupun di seluruh Tanah Air.

“Dukungan mereka sangat berarti dan saya harap tidak sampai disini tetapi di final nanti, karena target saya adalah medali emas,” demikian Tomasoa.

Sementara itu, Mustafa Kamal, Ketua Harian KONI Maluku mengucapkan terimakasih kasih kepada Tomasoa yang telah berjuang secara maksimal sehingga bisa mendapatkan tiket final.

"Semua orang bisa saksikan penampilan Tomasoa di laga itu, dimana wasit memastikan bahwa lawan Tomasoa tidak lagi bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera yang cukup parah pada bagian kaki yang diakibatkan oleh tendangan keras dan terarah dari Tomasoa di ronde ke dua. Semoga hasil ini bisa tetap dipertahankan saat final nanti, " harapnya.

Dikatakan, atas hasil yang didapat,di pertandingan babak semifinal tentunya menjadi motivasi bagi Tomasoa saat bertarung di final nanti.

“Ini hal baik bagi Maluku. Saya yakin dengan persiapan yang sangat baik, maka akan ada hasil yang memuaskan, " ucapnya.

Pada kesempatan itu, Mustafa juga meminta doa dari seluruh masyakarat Maluku agar apa yang ditargetkan dapat tercapai.

“Memang hasil tidak ada mengkhianati usaha, tetapi doa dan dukungan masyarakat Maluku adalah spirit bagi atlet untuk berjuang di ajang olahraga empat tahunan ini,” kata Mustafa.

Mustafa juga bersyukur bahwa, sampai saat ini Tomasoa masih dalam kondisi sehat, semoga untuk pertarungan di final bisa lebih mendominasi.

“Kita berharap stamina atlet terus terjaga sehingga bisa maksimal laga pamungkas,” demikian Mustafa.

Sekadar tahu, Maluku mengirim dua petarung pada cabang olahraga Muaythai PON XXI/2024.

Namun, Moses Makarawe yang bertanding di kelas 48 kilogram putra kalah dari petarung Sulawesi Tengah, Hikham di fase perempatfinal.(Cal)

  • Bagikan