PON Aceh-Sumut Resmi Dibuka, Ini Pesan Presiden Jokowi

  • Bagikan
PON Aceh
Kontingen Maluku saat devile di pembukaan PON Aceh-Sumut 2024. ( foto by ical/ameks)

ACEH, AE-Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9) malam. Pembukaan ajang olahraga akbar di Indonesia itu juga bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Faisal Lestaluhu, wartawan Ambon Ekspres dari arena PON melaporkan, Pembukaan sudah dimulai sejak pukul 20.00 WIB yang dimulai dengan penampilan tari-tarian yang mengangkat kearifan lokal sekaligus menggambarkan kekayaan budaya Aceh, kemudian pembacaan lantutan ayat suci Alquran dan kembang api.

Ciri khas defile atlet dalam pembukaan ajang olahraga multicabang juga menjadi bagian yang tak luput dalam ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Acara pembukaan juga berlangsung di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sama seperti di Aceh, di Stadion Baharuddin Siregar pun ada beragam acara pembukaan dan defile.
PON XXI secara resmi digelar pada 9-20 September 2024.

Walaupun upacara pembukaan baru akan dilaksanakan malam ini, rangkaian kompetisi PON 2024 sudah bergulir sejak 28 Agustus lalu.

PON pada tahun musim 2024 ini, mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet.

Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA, Ketua Bidang PB PON Wilayah Aceh dalam sambutannya menyampaikan, kesiapan menjadi tuan rumah sudah dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan PON.

"Alhamdulillah, Aceh 100 persen siap menyelenggarakan PON XXI 2024. Kami sambut dengan hangat. PON ini untuk merayakan kebersamaan untuk persatuan. Kami juga berterima kasih kepada pemerintah, terutama Pak presiden yang telah memberikan dukungan sehingga ajang ini bisa berjalan dengan baik, " singkatnya.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman berharap, PON musim 2024 ini bisa berjalan optimal dan sukses sehingga bisa menjadi ajang yang lebih baik dari PON sebelumnya.

"Tahun ini, PON sangatlah berbeda sebab diselenggarakan di dua provinsi dan diikuti 38 kontingen. Kami optimistis PON bisa bisa berjalan optimal dan mencapai empat sukses yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi," singkatnya Norman.

Di tempat yang sama, Dito Ariotedjo, Menpora berharap, PON ini bisa memberikan semangat masyarakat untuk berolahraga dan bersatu.

"PON 2024 ini juga bertepatan dengan HAORNAS dan mengambil tema Ayo Olahraga, Bersatu Kita Juara. Artinya, masyarakat semakin gemar olahraga dan meningkatkan kebugaran dan bisa jadi alat pemersatu bangsa dan meningkatkan prestasi olahraga nasional hingga kancah internasional, " ringkasnya.

Sedangkan, Presiden Joko Widodo berharap, PON 2024 bisa menjadi ajang yang melahirkan banyak atlet pemecah rekor dunia dan peraih medali emas di internasional.

"Semoga ajang olahraga ini bisa menelorkan lebih banyak atlet pemecah rekor dunia, melahirkan lebih banyak peraih medail emas SEA Games Asian Games dan Olimpiade. Saya harap juga PON ini bisa menjadi ajang untuk semakin mempererat persatuan kita," ucapnya.

Di akhir sambutan, Jokowi menuturkan, ajang PON harus mampu menumbuhkan semangat kebersamaan, sportivitas, dan kegembiraan untuk mengukir prestasi.

"Saya harap juga PON ini bisa menjadi ajang untuk semakin mempererat persatuan kita. Saya harap ajang ini juga untuk memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai satu bangsa. Saya titip fairplay. Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim PON XXI Aceh Sumatera Utara resmi saya buka," tutup Jokowi mengakhiri sambutan. (CAL)

  • Bagikan