Patty Kalahkan Petinju Tuan Rumah, Melaju ke Babak Berikutnya

  • Bagikan
PON
Petinju Sulsel saat melancarkan pukulan ke arah Julius Lumoly (biru).

MEDAN, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Asa Yulius Flando Lumoly untuk mempertahankan medali emas di PON (Pekan Olahraga Nasional) ke-XXI di Aceh-Sumut Tahun 2024, akhirnya pupus.

Peraih medali emas di PON Papua itu harus takluk dari petinju muda asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Abraham Masihor pada laga pertama pertandingan tinju Pekan Olahraga Nasional (PON) di Auditorium Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar Sumatera Utara (Sumut).

Faisal Lestaluhu wartawan Ambon Ekspres melaporkan dari arena PON di Medan, Sumatera Utara, menyebutkan turun di kelas 57-60 Kg putra pada partai ke-12, Abraham yang berada di sudut merah menang telak atas Julius yang berada sudut biru.

Beberapa pukulan jab, straight, hook dan upper cutnya mendarat di wajah Yulius. Akibatnya, pelipis kanannya peraih medali emas PON XX Papua 2021 ini robek di ronde kedua.

Meski beberapa kali Yulius yang memiliki tubuh lebih tinggi mencoba melepaskan serangan balasan. Namun Abraham mampu menghindar.

Abraham yang memiliki tubuh lebih pendek mampu menyelesaikan tiga ronde dengan baik. Lima hakim memberi poin 5-0 di tiga ronde yang dijalani.

Sementara itu, Juliana Patty berhasil mengawali debut manis dengan menumbangkan petinju tuan rumah, Sumut, Zahra Khoirunisa Harahap.

Bertarung di kelas Elite Women,s (57-60 kg), Juliana berhasil menang telak. Petinju putri andalan Maluku itu tidak memberikan ruang sedikitpun untuk lawan memetik poin. Sejak ronde pertama hingga ketiga, Juliana tetap mendominasi pertandingan. Kelima hakim pun memberi poin 5-0 untuk Juliana dan berhak melaju ke babak selanjutnya.

Janje Haumase, Wakil Ketua KONI Maluku merasa bersyukur dengan hasil positif yang diraih oleh Juliana di laga perdananya.

"Memang kekalahan yang dialami oleh Julius membuat kami kecewa, tapi yang namanya pertandingan pasti ada menang dan kalah. Kami harus menerima dengan sikap sportivitas. Tapi kami juga bangga dengan hasil yang diraih oleh Juliana. Artinya, peluang untuk meraih medali masih terbuka. Doa dan dukungan warga Maluku sangat kami harapkan. Itu saja, " singkat Haumase kepada media ini usia laga, Rabu (11/9). (Cal)

  • Bagikan