Kemudahan La Hamid Dalam Akses Pelayanan Kesehatan

  • Bagikan
Jaminan Kesehatan Nasional
La Hamid

Ambon, AE - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan telah memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, khususnya yang terdaftar sebagai peserta.

Banyak yang merasakan kemudahan selama memanfaatkan layanan dari Program JKN, kehadirannya membantu peserta Program JKN agar dapat mengakses layanan kesehatan yang komprehensif tanpa terbebani biaya. Seperti yang dirasakan, saat ini, salah satu peserta Program JKN asal Kota Ambon, Alwin La Hamid.

Menurut Dia, hadirnya program JKN sangat membantu dirinya saat berobat, ia sudah merasakan penjaminan layanan kesehatan sebagai hak dari peserta Program JKN secara langsung. Beberapa kali ia memanfaatkan dan merasakan kemudahan dalam memperoleh layanan kesehatan menggunakan status kepesertaan JKNnya.

“Beberapa kali saya pergi melakukan pengobatan di puskesmas bahkan ketika istri saya melahirkan di Rumah Sakit. pelayanan yang diberikan kepada saya maupun keluarga saya, sejauh ini masih baik-baik saja. Prosesnya juga cepat kami tidak dibuat menunggu lama,” katanya, dalam releas yang diterima media ini, kemarin.

Ia, sendiri terdaftar sebagai segmen Peserta Penerima Upah (PPU), dirinya bersyukur terdaftar sebagai peserta Program JKN karena dengan begitu Alwin dan keluarga terlindungi dari segala resiko keuangan saat sakit dan membutuhkan pengobatan, selama mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) ia mengaku mendapatkan layanan yang baik dan tidak ada diskriminasi.

“Semua petugas kesehatan baik Dokter, perawat maupun petugas kesehatan lainnya yang saya temui sejauh ini mereka melayani dengan sangat baik, ramah dan tidak ada diskriminasi atau perbedaan pelayanan antara pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan, semua dilayani dengan baik dan adil,” tuturnya.

Tak hanya itu, dia, menambahkan, bahwa selama dirinya memanfaatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dirinya tidak pernah mengeluarkan biaya apapun semua biaya selama pengobatan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Mulai dari awal masuk sampai proses pengobatan hingga pengambilan obat saya tidak mengeluarkan biaya apapun dan tidak ada biaya tambahan yang diminta dari pihak puskesmas maupun rumah sakit kepada kami karena semua biaya sudah ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Ia, mengapresiasi layanan yang diberikan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon, karena ia dilayani dengan sangat ramah dan informatif.

“Petugas melayani saya dengan sangat ramah dan tak lupa memberi informasi-informasi yang belum saya ketahui, saya diarahkan untuk mendownload aplikasi Mobile JKN agar mempermudah saya dalam mengakses layanan seperti perubahan data hingga saya dapat menyampaikan pengaduan saya melalui aplikasi tersebut. Saya merasa puas dengan pelayanan yang ada di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon, prosesnya cepat dan tidak menunggu lama,” ungkapnya.

Atas segala kemudahan yang diperolehnya, ia mengucapkan terima kasih dan rasa syukur kepada Program JKN karena telah hadir untuk melindungi dan menjamin kondisi kesehatan masyarakat.

“Semoga BPJS Kesehatan kedepannya dapat menjadi lebih baik dari sekarang dan bisa tetap hidup ditengah-tengah masyarakat serta dapat terus menjamin dan melindungi kesehatan seluruh warga Indonesia. Kepada masyarakat juga segera daftar menjadi peserta Program JKN agar masalah kesehatan kita dapat terjamin jangan sudah sakit dulu baru mau mendaftar, Program JKN ini sangat membantu meringankan biaya kesehatan kita,” pungkasnya. (LMS)

  • Bagikan