Daerahnya Rawan Konflik, Polres Gandeng Pemkab Malra Deklarasi Pilkada Damai

  • Bagikan
Pilkada Malra
Deklarasi Pilkada damai yang digelar Polres Malra, dihadiri para kandidat Bupati.

Langgur, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Deklarasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) Tahun 2024 digelar Polres Malra. Ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan integritas Pemilu.

Deklarasi berlangsung di Ballroom Hotel Kimson, Langgur, pada Selasa (24/9/2024). Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malra, Muhamad Tukloy yang mewakili
Pj. Bupati Malra Jasmono, menyatakan bahwa pemilihan kepala daerah adalah perwujudan kedaulatan rakyat.

“Pemilu memberikan hak kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi daerah ini. Oleh karena itu, menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi sangatlah penting,” ujarnya.

Jasmono menambahkan, deklarasi ini harus menjadi landasan bagi semua pihak untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan bermartabat. Ia juga memberikan apresiasi kepada aparat keamanan yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Salawaku 2024, yang berperan penting dalam menjaga keamanan selama proses pemilihan.

“TNI dan Polri memegang peran strategis dalam mencegah gangguan yang dapat menghambat jalannya pemilu. Dengan sinergi dan kerja sama yang baik, saya yakin Pemilu ini dapat berlangsung tanpa insiden,” tuturnya.

Jasmono juga mengingatkan para calon Bupati dan Wakil Bupati serta tim kampanye mereka agar menjaga sportivitas dan etika dalam berkampanye.

"Mari jadikan Pemilu sebagai ajang kompetisi sehat, di mana ide, visi, dan program kerja menjadi fokus utama yang ditawarkan kepada masyarakat. Hindari provokasi, kampanye hitam, dan tindakan yang memecah belah persatuan," ajaknya.

Kapolres Malra, AKBP. Frans Duma, menekankan pentingnya deklarasi ini, mengingat wilayah Maluku Tenggara sering dilanda konflik.

“Kami berinisiatif mengajak pasangan calon dan tim sukses untuk membuat kesepakatan menjaga keamanan di awal kampanye. Ini demi menjaga stabilitas di Kabupaten Maluku Tenggara,” ungkapnya.

Deklarasi ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Malra, Ketua Bawaslu Malra, serta ketiga pasangan calon: Paslon nomor urut 1 Martinus Serius Ulukyanan - Ahmad Yani Rahanwarin (MARYADAT), Paslon nomor urut 2 Djamaluddin Koedoeboen - Wilibrordus Leftew (DAMAI), dan Paslon nomor urut 3 Muhammad Thaher Hanubun - Carlos Viali Rahantoknam (MTH-VR), bersama dengan tim pemenangan masing-masing.(SAT)

  • Bagikan