Jokowi Batal Kunker ke Maluku, Plh Sekda: Bukan Batal, Țapi Tunda

  • Bagikan
Sekda maluku
Plh sekda Maluku, Suryadi Sabirin. (foto by jardin/ameks)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Rencana kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko widodo ke Provinsi Maluku dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) pada Kamis (3/10/2024) mendatang akhirnya dibatalkan.

Kedatang Presiden dua periode itu guna mengunjungi Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Batalnya kunker Jokowi ke Maluku itu dibenarkan langsung oleh Plh Sekertaris Daerah (Sedka) Provinsi Maluku, Suryadi Sabirin saat di konfirmasi Ambon Ekspres melalui panggilan telephonenya, Selasa (1/10/2024).

"Bukan batal tapi tunda, di tunda itu dalam waktu yang tidak ditentukan. Tapi pasti beliau akan ke Maluku," ungkapnya.

Ia menjelaskan, batal atau tundanya kehadiran Jokowi di bumi raja-raja ini bukan tanpa sebab. Melainkan ada tugas negara yang harus diselesaikan. Hal itu juga berkaitan dengan akan berakhirnya masa jabatannya.

"Kalu alasan sih kita belum tahu persis ya. Yang pasti mungkin ada kesibukan beliau di penghujung jabatan. Bayangkan saja, ini kan mendadak. Tim Paspampres sudah datang melakukan pengamanan. Itu berati ada agenda penting yang harus diselesaikan," jelas Sabirin.

Diketahui, agenda Presiden ke di Buru Selatan yakni untuk mengunjungi Rumah Sakit Daerah dan Pasar yang ada disana, untuk mengecek perkembangan BPJS Kesehatan, alat kesehatan, melihat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, serta untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai.

Sedangkan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan tujuan ke Rumah Sakit Daerah di Bula untuk mengetahui penanganan penurunan Stunting, penanganan Polio, TB, dan kondisi kesehatan masyarakat di sana serta terkait BPJS.

Selain itu, Joko Widodo juga akan mengunjungi SMK Negeri 1 Seram Bagian Timur yang menangani Bidang Agrobisnis, untuk memberikan semangat dan motivasi agar setelah lulus bisa menciptakan lapangan kerja baru (Jardin).

  • Bagikan