Penjabat Bupati Buru Pastikan Pilkada 2024 Berjalan Aman dan Damai

  • Bagikan
Buru
Pj Bupati Buru, Syarif Hidayat.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID  – Penjabat Bupati Kabupaten Buru, Syarif Hidayat, menegaskan komitmennya bersama para pemangku kepentingan untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 berjalan aman, damai, dan penuh persaudaraan.

Koordinasi dengan pihak keamanan terus dilakukan guna menciptakan suasana Pilkada yang kondusif di tengah para calon. “Dari sisi keamanan, kami selalu berkoordinasi. Dalam waktu dekat, akan dibentuk desk Pilkada, melibatkan Forkopimda, Polres, Dandim, Kejaksaan, dan pimpinan DPRD untuk membahas langkah-langkah memastikan Pilkada Buru berjalan aman dan damai. Kami optimis Pilkada Buru berlangsung lancar,” ujar Syarif di Buru, Kamis (03/10/2024).

Sejauh ini, tahapan Pilkada yang sudah terlaksana meliputi pendaftaran calon, penetapan pasangan calon, pengambilan nomor urut, serta Deklarasi Pilkada Damai dan kampanye damai bersama KPU, Bawaslu, dan stakeholder terkait.

Pemerintah Daerah (Pemda) Buru juga memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara dan pihak keamanan dengan menyediakan anggaran pelaksanaan Pilkada kepada KPU dan Bawaslu. “Alhamdulillah, semua proses berjalan lancar tanpa hambatan, dan kami berharap kondisi ini terus berlangsung hingga Pilkada selesai,” tambah Syarif.

Syarif juga mengingatkan kepala desa, perangkat desa, dan BPD untuk menjaga netralitas selama Pilkada. Mereka diimbau tidak terlibat dalam politik praktis dengan menjadi tim sukses atau kampanye bagi pasangan calon tertentu. “Netralitas harus dijaga sesuai ketentuan. Jika terbukti terlibat, akan ada konsekuensi berurusan dengan Bawaslu dan sanksi tegas yang diberikan,” tegasnya.

Selain itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda Buru juga diingatkan agar tetap netral. Meski memiliki hak untuk memilih, ASN tidak boleh terlibat dalam aktivitas politik praktis seperti menjadi tim sukses. “Netralitas ASN sudah disosialisasikan, dan kami berharap semua ASN berhati-hati. Meskipun mereka punya hak dukungan, harus tetap menjaga integritas dengan tidak menggunakan atribut kampanye,” jelas mantan Kadis PMD Provinsi Maluku itu.

Untuk diketahui, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru 2024 akan diikuti oleh empat pasangan calon, yaitu:

  1. Muhammad Daniel Rigan (MDR) – Harjo Udanto Abukasim (Mandat) diusung oleh Gerindra, NasDem, dan PSI.
  2. Ikram Umasugi – Sudarmo, diusung oleh PKB, PKS, dan PAN.
  3. Aziz Hentihu – Gadis Siti Nadia Umasugi, diusung oleh PPP, Golkar, dan PDIP.
  4. Amustafa Besan – Hamsah Buton, diusung oleh Partai Hanura, Demokrat, Perindo, dan PBB.
  • Bagikan