Pemuka Agama Ini Cerita Manfaat Jadi Peserta Program Jaminan Kesehatan

  • Bagikan
JKN
Sintikha Tehupuring .

Ambon, ameksOline. – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menjadi solusi utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.

Program ini berperan penting dalam mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), terutama dalam mencapai cakupan kesehatan universal.

Dengan adanya Program JKN, seluruh penduduk, tanpa memandang usia, dapat menikmati layanan kesehatan yang aman, berkualitas, dan terjangkau. Program ini memberikan jaminan kesehatan bagi semua orang, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Sintikha Tehupuring (42), seorang pendeta yang berdomisili di Seilale, Kecamatan Nusaniwe, adalah salah satu contoh peserta yang merasakan langsung manfaat JKN.

"Menjadi peserta Program JKN sangat penting dan bermanfaat. Saya telah terdaftar sejak tahun 2018, dan sering menggunakan layanan kesehatan di Puskesmas Latuhalat," ungkap Sintikha.

Selama menjadi peserta JKN, Sintikha tidak pernah merasakan diskriminasi dalam pelayanan kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

"Pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN sama baiknya dengan pasien umum. Saya tidak pernah diperlakukan berbeda, dan semua proses pelayanan berjalan dengan mudah," tambahnya.

Sintikha juga bercerita tentang pengalamannya melahirkan di RSUD dr. M. Haulussy.

"Pelayanan di rumah sakit sangat baik, dari dokter hingga petugas kesehatan sangat ramah. Semua biaya perawatan dan obat-obatan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan, sehingga saya bisa fokus pada pemulihan tanpa harus khawatir tentang biaya," katanya.

Dia berharap manfaat Program JKN semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. "Program JKN sangat membantu, terutama bagi kami yang membutuhkan pelayanan kesehatan tanpa khawatir biaya. Semoga ke depannya, BPJS Kesehatan terus meningkatkan pelayanannya dan semakin dipercaya oleh masyarakat," pungkas Sintikha.

Program JKN terus membuktikan pentingnya perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Tidak hanya menanggung biaya perawatan medis, JKN juga memberikan rasa aman bagi peserta yang membutuhkan perawatan berkelanjutan.

Dengan Program JKN, masyarakat dapat menjalani hidup tanpa khawatir tentang kesehatan mereka di masa depan. (LMS)

  • Bagikan