Debat Perdana Pilwalkot Ambon, Masing-masing Calon Paparkan Cara Mereka Layani Publik

  • Bagikan
walikota ambon
Debat Kandidat Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Sabtu (19/10/2024) malam di Santika Hotel. (foto by jardin/ameks)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, sukses menggelar debat pertama calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan wakil walikota Ambon dengan tema " Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Harmonisasi Sosial".

Debat yang berlangsung di Santika Hotel, Sabtu (19/10/204) malam dihadiri sejumlah Partai Politik (Parpol) pengusung tim pemenang dan para tim pendukung.

Ketua KPU Ambon, Kaharudin Mahmud saat membuka Debat tersebut mengatakan, debat Walikota dan wakil walikota mulai, Sabtu (19/10/2024) malam akan menyampaikan visi-misinya dalam mengambil hati rakyat.

" Debat tersebut sangat diharapkan, sehingga masyarakat Kota Ambon bisa menilai dan memilih siapa yang akan dipilih dan layak memimpin Kota Ambon lima tahun kedepannya. Semoha debat ini diharapkan berjalan lancar, aman dan damai hingga selesai," pungkas Kharudin.

Tepat pukul 20.30 WIT, 4 Paslon dipersilakan masuk panggung debat dimulai dari Agus Ririmasse-Novan Liem, kemudian disusul Bodewin Wattimena- Elly Toisutta, M Tadi Salampessy- Emmylh D. Luhukay dan disusul Jantje Wenno-Syarif B Asyatri.

Usai menyampaikan Visi-Misi, kemudian masing-masing Paslon diarahkan mengambil dokumen pertanyaan yang di mulai dari Palson Agus-Novan.

Kemudian dilanjutkan dengan paslon nomor urut 2, Bodewin-Elly dengan sub tema terkait Pengelolaan Keuangan Daerah. " Kita menyesuaikan pengelolaan daerah dan juga memperbaiki pengelolaan keuangan daerah agar bisa terkola dengan baik, akun tabel dan transparana," papar Bodewin.

Selanjtunya, Paslon Tadi Salampessy yang tanpa didampingi wakilnya Luhukay itu dipersilakan mengambil bagian dalam menjawab pertanyaan dari Paslon lawan.

Selanjutnya dipersilakan h Paslon nomor urut 4, Jantje-Syarif dengan sub tema " Penggelolaan Keuangan”. Mereka berjanji, jika terpilih sebagai Walikota dan Wakil Kota, Ambon makin maju, makin sejahteran dan sudah pastik akan naik kelas.

Debat tersebut dilanjutkan dengan saling lempar pertanyaan dari masing-masing pasangan calon kepada Paslon lawan. Dan selanjutnya para Paslon tinggal menjawab pertanyaan dari Paslon lawan lainnya.

Terlihat ratusan pendukung yang hadir menyaksikan debat lewat tayangan siarang langsung diluar ruang debat, saling ejek dan saling serang terhadap lawan Paslon lainnya.
Debat kedua calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon akan berlangsung pada 2 November 2024 mendatang. (Jardin).

  • Bagikan