AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) sigap melakukan percepatan penormalan sistem kelistrikan di Kota Ambon yang terjadi, Rabu (19/3).
Hal itu disampaikan General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan. Ini dilakukan guna mempercepat penyalaan sehingga masyarakat dapat kembali menikmati listrik dengan nyaman.
"Kami memohon maaf atas kejadian pemadaman yang terjadi, namun jangan khawatir, petugas langsung gerak cepat melakukan pengecekan indikasi gangguan pada jaringan Transmisi maupun Pembangkit," kata Awat.
Diketahui, pada pukul 10.00 WIT, sistem beroperasi normal dengan beban sistem terpantau sebesar 56,24 MW. Namun, pada pukul 10.57 WIT, terjadi gangguan sistem dengan status Pembangkit Trip.
Di samping itu, transmisi 5 Line mengalami hilang tegangan dan 1 Line mengalami trip, sehingga berdampak pada pemadaman listrik di Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon Kota, ULP Baguala, ULP Nusaniwe, dan ULP Hitu dengan total 16 penyulang padam.
Proses pengecekan indikasi gangguan pun dilakukan pada Gardu Induk (GI) Waai, Gardu Induk Sementara (GIS) Passo, PLTMG Ambon Peaker, dan BMPP Nusantara 1.
"Petugas kami berjibaku untuk melakukan pengecekan sesuai dengan SOP, sehingga dapat teridentifikasi penyebab gangguan serta menentukan langkah penanganan. Penormalan sistem akan kami update secara berkala sehingga masyarakat tidak resah berlama-lama dalam pemadaman," tutur Awat.
Tercatat pada pukul 11.08 WIT sudah mulai dilakukan proses penormalan secara bertahap. Beberapa penyulang sudah dapat dilakukan penyalaan secara bertahap sesuai dengan alur dan SOP.
Pada pukul 11.24 dilakukan starting pembangkit hingga GIS Passo sehingga satu per satu penyulang dapat dilakukan penormalan ke sistem. Terpantau pada pukul 12.20 WIT, sebanyak 8 penyulang berhasil masuk ke sistem dengan presentase nyala sebanyak 50%. Saat ini petugas masih melakukan proses penormalan secara bertahap sehingga dapat mencapai 100%.
"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, PLN tetap berupaya semaksimal mungkin dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat dengan harapan pelanggan segera bisa menikmati listrik. Kami juga mengimbau, apabila ada gangguan di rumah, silahkan untuk dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile sebagai Solusi dari semua permasalahan kelistrikan," tutup Awat.(ERM/**)