Pemuda Gereja Dibantu Babinsa, Lakukan Pembibitan Pohon Anti Abrasi

  • Bagikan

Masohi, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah tak bergerak, AMGPM Ranting Syaloom, Cabang Lahai Roi, Daerah Masohi, justru bergerak menyelamatkan lingkungan pantai dari abrasi.

Dibantu Babinsa Negeri Wasia, Serda Muhamad B Tuny, para pemuda Gereja ini melakukan pembibitan pohon yang khusus untuk tanaman pantai, semisal mentanggur, katapang, merbau dan lainnya ini sangat diapresiasi.

Apa yang dilakukan AMGPM dan Babinsa, mendapat perhatian dari Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1502 Masohi, Letkol Inf,  Sang Ngurah Wikrama W.

Baca:

Respon positif ditunjukan Dandim 1502 Masohi, dengan mengunjungi lokasi pembibitan yang berada di Negeri Wasia, Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (31/3/2022).

Wikrama, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan kolaborasi antara AMGPM Ranting Syaloom dan Babinsa Negeri Wasia dalam pembibitan pohon yang khusus untuk tanaman pantai, semisal mentanggur, katapang, merbau dan lainnya ini sangat diapresiasi.

Sebagai bentuk apresiasi, Dandim 1502 Masohi ini mengaku, akan membantu proses pembibitan lebih baik lagi, dan dengan skala yang lebih besar. Sehingga kedepan daerah-daerah pesisir pantai yang sudah mulai terkena abrasi di pulau Seram dapat dilakukan reboisasi dengan bibitnya diperoleh dari lokasi pembibitan ini.

“Saya akan membantu misalnya pengadaan polybag atau paranet akan kami bantu. Ini salah satu bentuk kegiatan yang positif dari pemuda gereja di sini. Apalagi ini bertujuan untuk kelestarian lingkungan, Sesuai dengan tujuan dilakukan pembibitan tanaman-tanaman yang tumbuh di tepi pantai. Yang membantu mengurangi proses abrasi,” urainya.

Perwira menengah TNI ini menyebutkan, dirinya akan berperan aktif dan mengambil bagian dengan proses penanaman bibit-bibit ini bersama dengan AMGPM Ranting Syaloom dan serta Babinsa Negeri Wasia.

Ketua AMGPM Ranting Syalooom  Christin Tompau, usai kegiatan tersebut kepada wartawan mengaku sangat terkejut dengan respon positif dari Dandim 1502 Masohi.

“Kami menyampaikan banyak terimakasih kepada bapak Dandim 1502 Masohi, yang sudah datang melihat lokasi pembibitan kami ini, dan jujur kami merasa bangga sekali dengan perhatian yang begitu baik dari pak Dandim, “katanya.

Baca:

Christin juga tak lupa berterimakasih kepada Babinsa Negeri Wasia Serda Muhamad B Tuny,  yang selama ini berperan dalam pendampingan bersama-sama dengan AMGPM Ranting Syaloom.

Bibit-bibit ini nantinya, kata dia, akan dibawa ke lokasi parawisata di Pulau Tujuh di Pasanea untuk dilakukan penanaman.

“Kami rencana akan melakukan penanaman di lokasi wisata Pulau Tujuh Pasanea Seram Utara Barat, sebagai bentuk kepedulian pemuda gereja terhadap lingkungan,” ujarnya.

Kedatangan Dandim 1502 ini, disambut Raja Negeri Wasia James Rumahloine, Ketua Saniri Negeri Jhon Sisinaru, serta Kepala Pemuda Negeri Wasia, David Warayane dan  staf Negeri Wasia, serta pengurus dan anggota AMGPM Ranting Syaloom. (TIM)

  • Bagikan