Kapolri Tunjuk Kapolres Pertama Untuk Bursel dan Maluku Tenggara

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merotasi ratusan perwira tinggi dan perwira menengah Polri diseluruh Indonesia. Termasuk posisi Kapolres Buru, Polda Maluku.

Berdasarkan Surat Telegram bernomor ST/747/IV/KEP/2022 dan ST/748/IV/KEP/2022, tertanggal 13 April 2022 yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada, atas nama Kapolri, terdapat nama Kombes Mohammad Guntur.

Guntur selama ini menjabat sebaga Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Maluku. Dia dimutasikan sebagai Dansat Brimob Polda Kalimantan Barat. Jabatan Dansat Brimob Polda Maluku, yang ditinggalkan diisi AKBP Dostan Matheus Siregar yang saat ini menjabat sebagai Wadan Sat Brimob Polda Kalimantan Tengah.

Baca:

Kemudian ada nama Kombes Edy Yudianto Irwasda Polda Maluku, dimutasikan sebagai Kalemlatprofpol STIK Lemdiklat Polri, menggantikan Brigjen Gagah Suseno yang dimutasikan ke Lemhanas.

Brigjen Gagah Suseno sendiri pernah bertugas di Polda Maluku, sebagai Direktur Resnarkoba Polda Maluku. Dengan jabatan tersebut, maka Kombes Edy Yudianto akan naik pangkat menjadi Brigjen atau bintang satu.

Selain mereka itu Kapolri juga menunjuk AKBP M Agung Gumilar sebagai Kapolres Buru Selatan. Agung sendiri merupakan Kapolres pertama di kabupaten bertajuk Lolik Lalen Fedak Fena itu. AKBP Agung kini menjabat sebagai Kasubdit 1 Direktorat Reskrimsus Polda Maluku.

AKBP Frans Duma, juga ditunjuk sebagai Kapolres Maluku Tenggara. Perwira menengah Polri yang kini menjabat sebagai Kasubdit 3 Direktorat Intelkam Polda Maluku itu, merupakan Kapolres pertama di Kabupaten bertajuk Larwul Ngabal itu.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Mohamad Roem Ohoirat yang dikonfirmasi membenarkan mutasi Irwasda dan Dansat Brimob Polda Maluku.

“Iya mutasi itukan merupakan hal yang wajar dan biasa saja dalam rangka evaluasi jabatan sekaligus pengembangan karir bagi setiap anggota. Dan ini bagian dari penyegaran pemimpin disetiap organisasi, “kata dia, kepada media ini, Kamis (14/4) malam.

Baca:

Juru bicara Polda Maluku ini juga menambahkan, selain mutasi kedua pejabat tersebut, juga pengangkatan dua Kapolres baru di dua Kabupaten yang selama ini belum memiliki Polres itu.

” Kabupaten Buru Selatan selama ini berada di bawa Polres Pulau Buru, dan Maluku Tenggara dibawa Polres Tual. Nah setelah dibentuk dua Polres tersebut pada Tahun lalu, maka hari ini baru diangkat AKBP M Agung Gumilar sebagai Kapolres Buru Selatan dan AKBP Frans Duma, juga ditunjuk sebagai Kapolres Maluku Tenggara, “jelas Ohoirat.

Perwira dengan tiga melati dipundaknya ini mengaku, untuk serahterima jabatan sendiri akan dilakukan di Mapolda Maluku, yang dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif.
” Paling lambat kan 14 hari setelah mutasi itu keluar sudah diadakan sertijab. Sertijab di Mapolda Maluku, dan bapak Kapolda yang pimpin, “pungkasnya. (ARH).

  • Bagikan