Tiap Hari 165 Ton Sampah Dibuang Warga Ambon

  • Bagikan
Petugas pengangkut Sampah Kota Ambon
Petugas kebersihan dari DLHP Kota Ambon, mengangkut sampah dikawasan Ahuru. Foto ini diambil beberapa waktu lalu. (Ars Hehanussa/AmeksOnline).

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Saban hari, warga Kota Ambon buang ratusan ton sampah. Ratusan sampah ini diangkut Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) dari seluruh pelosok Kota Ambon.

"Setiap hari itu petugas kita mengangkat 165 ton sampah diseluruh tempat penampungan sementara yang ada di Kota Ambon, " kata Kepala DLHP Kota Ambon, Alfredo Hehamahua, kepada media ini, Selasa (10/5).

Menurutnya, sampah yang paling banyak diangkut, adalah sampah rumah tangga. Mereka harus bekerja keras, meski kondisi alam tak memungkinkan. Sayang, kerja mereka kurang didukung warga.

"Dimana setiap saat itu kita temukan warga belum memiliki kesadaran penuh, dalam menjaga kebersihan terutama membuang sampah pada tempat penampungan sementara itu, " terangnya.

Armada yang dimiliki oleh pihaknya, juga tidak sebanding dengan jumlah sampah yang harus diangkut. Dia mengaku, sangat kekurangan armada untuk melayani semua lokasi di Kota Ambon.

"Olehnya itu kita sangat berharap ada dukungan warga sehingga dengan minimnya fasilitas armada ini, kota Ambon, tetap terlihat bersih. Kita tetap optimis kita akan berkerja secara maksimal dengan kekurangan yang kami miliki untuk kebersihan kota Ambon, " tandasnya. (ARH)

  • Bagikan