Anak Cucu Banda Ely, Ziarah ke Makam Leluhur di Pulau Banda

  • Bagikan
Ziarah warga Banda Eli
Ziarah warga Banda Eli ke makam leluhur mereka di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Puluhan Anak cucu dari Banda Ely (Wandan), Kabupaten Maluku Tenggara melakukan ziarah ke makam dan keramat para leluhur mereka di Banda Naira, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Muhammad Yanto Sanmas Kepala Ohoi suku 30 dan Ahmad Lontor. Penanggungjawab kegiatan, Salamun Yunus Yusran Salamun yang juga tokoh masyarakat Banda Ely mengatakan, Ziarah ke makam para leluhur merupakan kegiatan rutin yang dilakukan hampir dua tahun sekali.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pembersihan
makam yang sudah ada ratusan tahun itu.

"Kegiatan ziarah dilakukan oleh kedua marga, Salamun dan Lontor. Kegiatan ini merupakan rasa keterpanggilan selaku anak cucu dari para leluhur untuk membangkitkan semangat kita. Dari generasi ke generasi agar kita anak cucu tidak bisa melupakan para leluhur," ujar Yusran kepada media ini, Selasa (24/05).

Dikatakan, kehadiran anak cucu dari kedua marga ini juga dapat mempererat hubungan silaturahmi untuk saling kenal. Karena tidak semuanya tinggal pada satu tempat seperti di Banda Ely, tapi terpisah pisah.

Apalagi generasi muda dari kedua marga tersebut harus saling kenal. Yang hadir tidak saja banda Ely dan Banda Naira, tapi juga dari Ambon. Olehnya itu kata dia, momen seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk mempererat hubungan persaudaraan.

" Ziarah ke makam leluhur ini sangat di respona oleh masyarakat Banda Naira. Karerna mereka juga yang menunjukan dimana letak makam dan keramat para moyang moyang kami warga benda eli yang awalnya tinggal di Pulau Banda ini, terutama di Banda Naira," tandasnya. (WHB)

  • Bagikan