Pangdam Pattimura Diganti, Mayjen Richard Naik Bintang 3

  • Bagikan
Kapolda dan Pangdam Pattimura
Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif, dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, dan jajaran saat melaksanakan pemantauan malam takbiran di Kota Ambon. (Ars Hamdin/AmeksOnline).

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID , - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan rotasi terhadap ratusan perwira tinggi dan menengah TNI, baik Darat, Laut maupun Udara, diseluruh Indonesia, termasuk Pangdam XVI/Pattimura, yang saat ini dijabat oleh Mayjen TNI Richard Horja Taruli Tampubolon.

Mutasi tersebut ttertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/558/IV/2022. Alumnus AKMIL 1992 itu, yang juga mantan Komandan Pasukan Operasi Khusus (Dan Koopssus), dimutasikan sebagai Inspektur Jenderal AD (Irjennad) menggantikan Letjen TNI Rudianto yang  dipindahkan ke Bais TNI.

Sementara jabatan Pangdam selanjutnya, ditempati oleh Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, yang kini menjabat sebagai Deputi V Bidang Intelijen Teknologi Badan Intelijen Negara (BIN).

Dengan mutasi tersebut membuat mantan Kasdam VI Mulawarman, ditahun 2018 hingga 2019, dan Kaskogabwilhan I, ditahum 2019—2020, yang baru saja menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura dengan kurun waktu hampir setahun itu naik pangkat menjadi bintang 3 alias Letnan jenderal (Letjen).

Sementara Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa merupakan alumnus AKMIL 1988, yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0101/Aceh Besar , ditahun 2005—2007, Komandan Korem 012/Teuku Umar, ditahun 2015—2016, Kabinda Aceh BIN, ditahun 2016—2017, kemudian, Kabinda Sumatera Utara BIN, ditahun 2017—2021, dan Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN ditahun 2021—2022.

Tidak saja Pangdam Pattimura, Panglima TNI Andika Perkasa juga mengantikan Direktur Maluku dan Papua pada Deputi Intelijen dalam negeri Brigjen TNI Hardani Lukitananta dengan Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho. Saat ini Adrianus Suryo Agung Nugroho, menjabat Kabinda Nusa Tenggara Timur. Brigjen TNI Hardani Lukitananta, digeser ke Kalimantan Timur sebagai Kabinda.

Selain empat perwira tinggi (Pati) TNI AD ini, Jenderal Andika Perkasa pun mengantikan 176 Pati dan perwira menengah (Pamen) di tiga matra itu, TNI AD, AL dan AU.

Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar, yang dihubungi membenarkan pergantian itu.“Betul, ada mutasi,"singkat juru bicara Kodam Pattimura itu. (ARH)

  • Bagikan