Unpatti Juga Dikepung Banjir, Pohon Ikut Tumbang

  • Bagikan
Banjir di Unpatti
Kondisi banjir di depan Unpatti, Ambon, Selasa (5/7). (Foto: Hadia Waly)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Air meluap hingga masuk ke Kampus Universitas Pattimura. Kondisi ini diperparah dengan pohon tumbang di Jalan Ir. M. Putuhena tepatnya di depan kampus Unpatti.

Depan Universitas Pattimura, Selasa (5/7) siang sempat macet total beberapa jam. Hal ini disebabkan banjir yang menggenangi beberapa titik di ruas jalan tersebut.

Pantauan media ini di lapangan, sejak pukul 10.30 WIT, pada ruas jalan M. Putuhena, tepatnya di depan kampus Fakultas FISIP dan Fakultas Kedoketeran Unpatti, kendaraan roda dua maupun empat tampak kesulitan melintasi ruas jalan tersebut.

Ini disebabkan karena ketinggian air yang menggenangi jalan sudah mencapai 20 – 30 cm. Tampak antrean kendaraan dari dua arah berlawanan untuk bisa melewati ruas aruas tersebut.

Tampak pula sejumlah warga sekitar dengan suka rela turun ke jalan memandu para pengendara yang memaksa melintas untuk tidak terperosok di saluran air.

Ada beberapa kendaraan roda dua yang memaksa menerobos terpaksa ditarik warga karena mesinnya mati ditengah genangan air yang menutupi badan jalan lebih dari 100 meter itu.

Hingga pukul 11.30 WIT kendaraan masih antri untuk melintasi ruas jalan tersebut. Sementara genangan air belum juga terlihat surut.

Genangan air tersebut oleh warga sekitar mengaku berasal dari luapan sungai kecil di Waiela Atas, Rumahtiga. Biasanya sungai itu disebut “kali mati”. Sungai itu sering meluap jika hujan lebat.

Luapan air juga bukan hanya menggenangi ruas jalan Ir. M. Putuhena, namun juga beberapa kawasan permukiman warga, diantaranya di Wailela Atas, Kelurahan Tihu, Perumnas Poka.

Kemacetan panjang di ruas jalan Ir. M. Putuhena juga diperparah dengan salah satu pohon besar tumbang menutup badan jalan tersebut sekira pukul 10.00 WIT. Pohon tumbang tak jauh dari kantor Harian Kabar Timur atau tepatnya di depan pintu masuk arah timur kampus Unpatti Ambon.

Untuk tidak menimbulkan kemacetan panjang, tampak sejumlah petugas dari kepolisian dan Dishub mengarahkan kendaraan diarahkan masuk melintasi jalan masuk ke Perumnas. Hingga pukul 11.30 WIT tampak petugas masih berusaha memotong dan membersihkan pohon yang tumbang dari badan jalan.

Longsor juga dilaporkan terjadi di belakang Poltek Ambon, tepat di dekat bantaran sungai Wailela.(ADI)

  • Bagikan