Cargo Bandara Pattimura Digeledah Tim Gabungan

  • Bagikan
Cargo Bandara Pattimura, Ambon
Pemeriksaan barang diterminal Cargo Bandara Internasional Pattimura, menggunakan anjing pelacak, milik Polda Maluku, di bandara, Kamis (21/7).

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID FAJAR.CO.ID.- Satuan Polisi Militer (POM) Lanud Pattimura, melaksanakan operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) bersama Polda Maluku diterminal cargo Bandara Internasional Pattimura Ambon.

Operasi ini juga dengan menerjunkan anjing pelacak guna melakukan pemeriksaan terhadap seluruh barang yang baru saja tiba di bandara tersebut, dengan menggunakan pesawat komersil.

Komandan Kesatuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Pattimura, Mayor Pom Adi Firmandadi mengatakan, operasi Gaktib Kepolisian Militer dengan Sandi "Waspada Wira Cendrawasih" diterminal Cargo Bandara Internasional Pattimura, Kamis (21/7).

Menurutnya, operasi yang digelar Satpom ini bekerjasama dengan BNN Provinsi Maluku, Polda Maluku, Bea Cukai Kota Ambon dan Polsek Bandara. Operasi yang dilaksanakan dalam bentuk pemeriksaan barang baik yang keluar ataupun yang masuk ke kota Ambon melalui jalur transportasi udara.

"Pemeriksaan pada barang dari cargo dilakukan dengan menggunakan anjing pelacak miliki oleh Direktorat Samapta Polda Maluku, serta memanfaatkan alat deteksi Narkoba milik BNNP Maluku bermana TruNarc,"kata dia, dalam rilisnya, yang diterima media ini, Kamis sore.

Dikatakan, sasaran operasi Gaktib ini adalah sebagai langkah preventif Satpom Lanud Pattimura dalam menghadapi penyelundupan, peredaran gelap Narkotika di wilayah kota Ambon yang melalui jalur pesawat terbang.

"Kegiatan ini kedepanya akan dilaksanakan secara periodik dan dengan pola operasi yang berbeda yang lebih inovatif, mengingat kejahatan narkotika dan obat-obatan terlarang tidak bisa kita pungkiri salah satu akses keluar masuknya melalui jasa pengiriman ekspedisi yang dikirim melalui pesawat udara,"jelasnya.

Diakui, setelah melaksanakan pemeriksaan barang dilanjutkan juga dengan melaksanakan tes narkoba kepada karyawan jasa Cargo, Avsec, karantina ikan, dan jasa ekpedisi, serta petugas bandara secara acak guna mengetahui penyalahgunaan narkotika pada petugas yang berada di sekitar Cargo Bandara Internasional Pattimura.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilaksanakan di Cargo Bandara Pattimura tidak ditemukan Narkotika dan barang terlarang lainnya. Hasil pemeriksaan narkotika kepada petugas di sekitar Cargo Bandara Pattimura juga tidak ditemukan petugas yang positif menggunakan narkotika,"terangnya. (ARH)

  • Bagikan