Gempa Guncang Ambon Disaat Hujan Lebat

  • Bagikan
Gempa Ambon
Gempa Ambon

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Disaat sebagian warga Kmewaspadai banjir dan longsor akibat hujan lebar, Selasa (26/7/2022), gempa berkekuatan magnitudo 3.5 mengguncang Kota Ambon. Sebagian warga ikut panik.

Dari rilis Badan Pusat Metrologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, pusat gempa berada di darat 20 kilometer timur laut, Ambon. Titik gempa berada di kedalaman 1o kilometer.

Gempa dirasakan hampir di seluruh lokasi Kota Ambon. Terutama mereka yang mendiami gedung bertingkat, dan lokasi rumah di ketinggian. Gempa juga tidak berpotensi tsunami.

Dirasakan skala MMI diantara II sampai III di Ambon. Tidak tercatat ada kerusakan. Bagi mereka yang ada di pusat Kota Ambon gempa yang dirasakan kecil sekali.

Sementara itu, hujan lebat kembali mengguyur Kota Ambon, setelah hampir sepekan cuaca cerah. BMKG sudah mengeluarkan warning bagi mereka yang berniat berlayar, karena ada gelombang tinggi.

Pemerintah Kota Ambon sebelumnya juga telah mengeluarkan peringatan, Kota Ambon darurat bencana. Dalam Juni hingga Juli ini sudah ratusan rumah dilaporkan terendam banjir.

Selain banjir, longsor juga menimpa sejumlah rumah warga di Kota Ambon. Pemerintah Kota Ambon telah mendistribusikan bantuan darurat untuk penanganan korban bencana. (ARH)

  • Bagikan