Kemeriahan Kemerdekaan di Gang “Pahlawan”

  • Bagikan
Perayaan HUT Kemerdekaan di Gang Ponegoro
Perayaan HUT Kemerdekaan di Gang Ponegoro, Kota Ambon, Minggu (14/8/2022).(Foto: Panitia HUT)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Gembira, selalu dirasakan anak-anak ketika Agustus tiba. Jelang HUT Kemerdekaan RI, berbagai lomba di gelar. Dari Sekolah, lingkungan kantor, hingga gang-gang sempit, ikut merayakan momentum setahun sekali itu.

Di Gang Ponegoro, Kelurahan Urimessing, Kota Ambon, tak ketinggalan. Kemeriahan begitu terasa. Anak-anak meluapkan kegembiraan. Berbagai lomba di gelar. Dari gigit kerupuk, lari batu, lomba tangkap belut, mencari kelereng ditumpukan tepung, dilakoni anak-anak hingga orang dewasa.

Lomba digelar, Minggu (14/8/2022). Melibatkan puluhan anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Mulai pagi, hingga malam hari. teriakan, dan gelak tawa, selalu terdengar ketika satu mata lomba digelar.

Mimik wajah anak-anak terlihat begitu serius. Dengan pita merah putih di kepala, dan lukisan bendera Merah-Putih di bagian pipih, mereka bertarung. Berlomba. Untuk menjadi pemenang.

Kegembiraan merekah di wajah para peserta. Mereka menyatu dalam kemeriahan lomba. Luapan gembira terpancar. Mereka begitu bersamangat untuk menyelesaikan setiap lomba.

Ketua panitia perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Gang Ponegoro, Sri Tjokro mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan. Sejak tahun lalu juga digelar. Tahun ini lebih meriah lagi.

Menurut dia, apa yang dilakukan bagian dari bentuk pengenalan anak-anak terhadap Negaranya sendiri, memberi ingatan kepada mereka tentang kapan Indonesia itu Merdeka.

“Dan terpenting menumbuhkan kecintaan anak-anak yang baru tumbuh menuju remaja kepada Negaranya, Indonesia. Semua warga dilibatkan,” ungkap Sri Tjokro.

Kemerian HUT Kemerdekaan di Gang Ponegoro. Gang yang konon namanya diambil dari Pahlawan DI Ponegoro, akan mencapai puncaknya pada 17 Agustus 2022, dengan lomba makan papeda.(ARH)

  • Bagikan