Pemkot Usul Dana Rp 10 Milyar Untuk Tangani Bencana di Ambon

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID FAJAR. CO. ID. - Cuaca buruk yang melanda Kota Ambon, sejak Juli hingga awal Agustus kemarin, menimbulkan sejumlah kerusakan di Kota Ambon.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, resmi mengusulkan anggaran puluhan milyar kepada Pemerintah pusat. Anggaran itu nantinya diperuntukan bagi perbaikan terhadap kerusakan tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demianus Paays mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan anggaran perbaikan terhadap kerusakan akibat bencana alam tersebut.

"Anggaran yang telah kita usulkan kepada Pemerintah pusat lewat BNPB untuk perbaikan seluruh fasilitas yang rusak akibat bencana di Kota Ambon, sekitar Rp 10 Milyar, " kata Demmy, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (16/8) sore.

Menurutnya, besaran anggaran tersebut sesuai dengan hasil identifikasi sementara dari BPBD, dan sejumlah instansi terkait lainnya di Kota Ambon.

"Kan kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana kemarin itu, mulai dari pemukiman warga, jalan-jalan lingkungan, drainasse, dan fasilitas lainnya, yang sampai saat ini belum tertangani dengan baik," ujarnya.

Diakui, pengusulan anggaran perbaikan terhadap bencana itu, baru dilakukan pada awal Agustus kemarin.

"Baru kita usulkan, sebab kita harus lakukan verifikasi dan inventarisir seluruh kerusakan yang terjadi di Kota Ambon. Memang tidak semua kerusakan yang ada ini menjadi tanggungjawab Pemkot, sebab masih ada kewenangan Provinsi dan nasional juga, " terangnya.

Mantan Kasat Pol PP Kota Ambon ini berharap, pengusulan anggaran tersebut bisa segera direalisasikan oleh Pemerintah pusat. Sehingga proses perbaikan kerusakan pasca bencana alam tersebut bisa tertangani dengan baik.

"Memang bencana ini tidak saja terjadi di Kota Ambon, tapi diseluruh Indonesia. Sehingga diharapkan pengusulan anggaran bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah pusat untuk selanjutnya bisa kita tangani para korban bencana dan perbaiki fasilitas yang rusak, " tandasnya. (ARH).

  • Bagikan