Abua Kalah Lobi? Mendagri Kabarnya Tunjuk Muhammad Marasabessy

  • Bagikan
Muhammad Marasabessy
Muhammad Marasabessy

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Menteri dalam negeri Tito Karnavian kabarnya menunjuk Muhammad Marasabessy sebagai penjabat Bupati Maluku Tengah. Dia akan menjabat hingga waktu yang ditentukan.

Informasi yang diterima ameks.fajar.co.id, penetapan ini sudah dilakukan Mendagri sejak malam. Namun baru disampaikan, Kamis (8/9/2022). “Sudah dari semalam, tapi baru disampaikan,” kata sumber ini.

Penunjukan Muhammad Marasabessy untuk menghindari kekosongan jabatan Bupati Malteng setelah Abua Tuasikal berakhir masa jabatannya pada 8 September hari ini.

Sebelum pelantikan, untuk mengisi kekosongan Pemerintah pusat sudah menunjuk Rakib Sahubawa yang kini menjabat Sekretaris daerah Maluku Tengah sebagai pelaksana harian Bupati.

Nama Muhammad Marasabessy, adalah satu dari tiga nama yang diusulkan Gubernur Maluku Murad Ismail. Sesuai mekanisme, DPRD Malteng mengusulkan tiga nama, Pemerintah Provinsi Maluku usulkan tiga nama, dan Kemendagri usulkan tiga nama.

Dari tiga nama ini, ditentukan satu nama. Muhammad Marasabessy hingga kini masih menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku. Dia orang dekat Murad, karena itu terpilihnya Marasabessy tak lepas dari lobi Murad.

Murad sendiri terbilang dekat dengan Mendagri Tito semasa masih berbaju korps kepolisian. Hubungan baik mereka dinilai membuat jalan Muhammad Marasabessy mulus menjadi penjabat Bupati Malteng. (yan)

  • Bagikan