Jelang Hari Kesehatan Jiwa, RSKD Temui Orang Gangguan Jiwa

  • Bagikan
Rumah Sakit Jiwa
Pelayanan bagi masyarakat dan pasien di RSKD Maluku, Jumat(7/10). (Ars Hehanussa/Ameks)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID FAJAR. CO. ID. - Memeriahkan hari kesehatan jiwa (Kesji) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Umum Khusus Daerah (RSKD) Maluku, menggelar sejumlah kegiatan.

Direktur RSKD Maluku, Sherly Yakobus mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan, yakni meningkatkan pelayanan, dan menyambangi pasien ODGJ di Desa Tial, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.

Menurutnya, di Desa Tial sendiri terdapat 20 pasien yang kini masih dalam pelayanan mereka.

"Kita lakukan anjangsana ke Tial, karena memang jumlah pasien kita yang masih dalam perhatian kami itu cukup disana (Tial-red). 20 orang itu pasien ODGJ, " kata dia, kepada wartawan diruang kerjanya, Jumat (7/10).

Dikatakan, pasien yang ada di desa tersebut kini dalam masa pemulihan.

"Kita anjangsana kesana itu sebagai bentuk perhatian khusus kita untuk mereka, sebab mereka itu rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan disini," ucapnya.

Selain itu Tial, kata dia, pihaknya juga memberikan perhatian lebih kepada seluruh pasien ODGJ yang sampai saat ini masih dalam perawatan di RS yang dipimpinnya itu.

"Untuk pasien yang ada disini (RSKD) sendiri ada sekitar 20 orang. Kita lakukan yang terbaik kepada mereka apalagi ini momentum hari kesehatan jiwa dan ulang tahun Rumah Sakit, " bebernya.

Sementara itu, ketua panitia hari kesehatan jiwa dan ulang, dan HUT RSKD Maluku, Andi Rosanita Rusdi mengungkapkan, pihaknya melakukan sejumlah kegiatan selain dari anjangsana di desa Tial itu.

"Kita juga telah melakukan kegiatan jalan sehat, kemudian anjangsana dengan seluruh pasien-pasien jiwa, dengan cara mendatangi pasien, untuk melihat langsung kondisi mereka, dan memberikan edukasi untuk mereka," jelasnya.

Tak hanya itu, kegiatan workshop hingga kegiatan got telent atau peningkatan talenta bagi pasien ODGJ itu, dan sejumlah kegiatan lainnya.

"Seluruh kegiatan yang kami lakukan ini sesuai dengan tema utama momentum hari kesehatan jiwa yang ke-30, yakni menjadikan kesehatan mental dan kesejahteraan semua sebagai prioritas global, sebab kesehatan mental itu masih kurang, dan bukan saja di dunia tetapi juga di Maluku, " paparnya.

Ditambahkan, kegiatan di momentum hari kesehatan jiwa dan HUT RSKD ke-32 ink juga dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan semangat kerja bagi seluruh pegawai dan tenaga kesehatan yang ada di RSKD ini.

"Prinsipnya walaupun SDM kita masih kurang, namun semangat kekeluargaan dan kekompakan untuk melayani masyarakat khususnya pasien harus kita tingkatkan, karena kita ini jiwa, jadi kita harus sehat dan bahagia dulu, baru orang lain sesuai dengan motto RSKD baku kele dari kita untuk kita semua sehat jiwa dan bahagia, "pungkasnya. (ARH).

  • Bagikan