Eki, Musisi Jalanan Yang Sukses di Eropa

  • Bagikan
Cahyadi Eki Kam
Cahyadi Eki Kam, musisi sukses di Eropa, kemarin menemui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian)

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Musik menjadi salah satu industri yang punya kontribusi besar, dan memiliki segmentasi pasar dengan kemampuan menjangkau berbagai kalangan.

Kemarin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menerima kunjungan dari salah satu talenta musik tanah air yang telah menorehkan prestasi di kancah internasional yakni Cahyadi Eki Kam di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (11/10).

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh musisi yang kerap disapa Eki tersebut. Airlangga juga menyampaikan dukungan dalam mendorong lahirnya talenta baru industri musik tanah air.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Eki, Menteri Perindustrian, eselon I, tenaga ahli, kemudian anggota DPR, serta Gubernur Gorontalo yang telah hadir pada kegiatan hari ini,” ungkap Menko Airlangga.

Dalam sesi wawancara, Eki menceritakan kegigihan dalam perjalanan karir yang mengantarkannya menjadi pemenang ajang pencarian bakat yang diikuti.

Mengawali karir sebagai musisi jalanan, Eki kemudian memutuskan untuk berpindah ke Italia pada tahun 2019 mengikuti istrinya yang merupakan Warga Negara Italia dan kembali melanjutkan karir sebagai musisi jalanan di sekitar Kota Milan, Italia, selama kurun waktu lebih kurang satu tahun.

Dengan kemampuan musikalitas yang dimiliki, Eki kemudian memperoleh kesempatan untuk mengikuti casting dalam ajang pencarian bakat All Together Now 2020 di Italia dan bersaing dengan 4.000 peserta lainnya.

Kegigihan dan kepiawaiannya dalam bermusik membuat Eki berhasil menembus jajaran top 100, top 30, top 12, hingga dinobatkan menjadi pemenang utama dalam ajang pencarian bakat tersebut.

Eki turut memberikan pandangan, terkait perkembangan industri musik tanah air saat ini yang telah menunjukkan perkembangan pesat dan banyak melahirkan musisi yang mampu menorehkan prestasi hingga di kancah global.

Eki juga menyampaikan harapan, agar industri musik tanah air dapat terus dikembangkan dengan dukungan berbagai pihak terkait, serta turut mengajak generasi muda untuk dapat berani memulai karir dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Industri musik Indonesia menurut aku bagus sekali ya sekarang, banyak juga musisi-musisi di Indonesia yang sekarang telah berkarir di kancah internasional, jadi menurut aku bagus sekali dan dapat bersaing di kancah internasional,” ungkap Eki.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPR RI, Menteri Perindustrian, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Tenaga Ahli Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, serta Gubernur Gorontalo. (*/yan)

  • Bagikan