Nusalaut-Ambalau Bersatu, Pengukuhannya Saat Natal Bersama 12 Januari

  • Bagikan
Natal bersama
Panitia pelaksanaan Pengukuhan kerukunan Nusalaut Ambalau sekaligus pelaksanaan Natal.(Foto: Faisal Lesta/ameks)

AMEKS. FAJAR. CO. ID-Pengukuhan Pengurus Nusalaut-Ambalau (Nusamba), untuk masa kerja lima tahun kedepan akan berlangsung 12 Januari 2023 mendatang.

Selain pengukuhan pengurus, warga Nusamba juga akan merayakan Natal yang akan dihadiri 2000 orang lebih.

"Pengukuhan dan Natal Nusamba ini akan kami gelar tanggal 12 Januari ini. Ini juga bagian dari silaturahmi warga Nusalaut dan Ambalau, " beber Usman Bahta, Ketua Panitia Natal Nusamba kepada media ini di Ambon, kemarin.

Lanjut Bahta, Natal maupun pengukuhan pengurus ini menjadi momentum  untuk mempersatukan seluruh masyarakat Nusalaut dan Ambalau untuk bersatu dan bergandengan tangan.

"Untuk membangunkan ikatan keluarga lebih baik tetapi juga bersama pemerintah daerah membangun Maluku lebih baik kedepannya," jelasnya.

Mantan Kepala Kemenag Malteng dan Bursel ini menjelaskan, yang diundang dalam Natal dan pengukuhan bersama tersebut adalah gubernur Maluku, tokoh-tokoh masyarakat Nusamba, termasuk para upulatu.

“Yang jelas keinginan kami itu seluruh masyarakat Nusamba memiliki hubungan baik dengan semua orang karena ini menjadi momentum kebangkitan  keluarga besar Nusamba melalui pengukuhan dan Natal Akbar nanti,” ujar Bahta.

Bahta juga menjelaskan, Natal Akbar Nusamba tersebut tidak saja dihadiri umat nasrani tetapi juga menghadirkan umat muslim dari Ambalau.

"Hari ini, keputusan keluarga besar yang ada ini (Nusamba) yang mempercayakan saya yang dari muslim sebagai ketua panitia.Ini kepercayaan luar biasa. Saya memberikan apresiasi sekali dan akan menjadi tanggungjawab  sesuai dengan keinginan dan semangat  yakni kebangkitan keluarga besar Nusamba yang ada du Indonesia, terlebih di Maluku, " ucapnya.

Hingga saat ini, panitia yang dipimpinnya telah mempersiapkan pelaksanaan perayaan Natal Bersama sangat baik bahkan mencapai mencapai 90 persen. Sisanya adalah hal-hal teknis yang akan diselesakan panitia.

“Persiapan panitia mencapai 80-90 persen. Saya kira ini sangat berjalan. Yang lain-lain itu menyangkut hal-hal non teknis yang akan diselesaikan panitia," ucapnya.

Bahta menambahkan, hal yang utama adalah dukungan dari masyarakat Nusamba yang sangat luar biasa dan support bagi panitia untuk mempersiapkan perayaan Natal Akbar ini secara maksimal.

"Natal dan pengukuhan ini harus sukses dan yang penting  implemntasi Natal harus berjalan ditengah kehidupan masyarakat,"  demikian Bahta.

Sementara itu, Zainudin Booy, Bendahara Panitia menjelaskan, selain Natal Akbar, dihari yang hari sama, mereka akan mengukuhkan pengurus Nusamba untuk durasi lima tahun kedepan.

"Kami tentu mengharapkan apresiasi dan dukungan dari semua pihak sehingga Natal dan pengukuhan nanti bisa berjalan dengan baik, " harap dia.

Zainudin pun menjelaskan beberapa hal terkait dengan persiapan akan diselenggarakannya acara akbar itu.

"Pertama, apa yang kami lakukan ini merupakan mandat dari tujuh upulatu baik itu di Nusalaut maupun Ambalau.

"Sampai saat ini, kami terus melakukan konsolidasi dan konsultasi dengan berbagai unsur masyarakat, tujuannya agar kegiatan itu berjalan sesuai dengan yang diharapkan, " jelasnya.

Sebenarnya, kata Zainudin, pengukuhan dan Natal Akbar ini sudah kami gelar tanggal 29 Desember lalu, namun ada berbagai hal-hal yang dirasa oleh panitia belum memadai dan lain sebagainya maka digeser tanggal 12 Januari nanti.

"Insyaallah akan diselenggarakan pada hari Kamis nanti. Natal ini adalah bagian daripada kegiatan silaturahmi Nusamba di Maluku yang lebih utama yang ada di Kota Ambon," ulas dia.

Kata dia, jika pengukuhan dan Natal Akbar ini selesai dilaksanakan, maka hari itu juga panitia natal ini akan dibubarkan dan akan dibentuk juga panitia silaturahmi dan halal bil halal Nusamba yang akan diselenggarakan Insyaallah setelah bulan suci Ramadan nanti.

"Nanti panitianya dari Nusalaut. Ini satu edukasi dan satu contoh yang akan di berikan oleh kita selaku pemegang mandat ini untuk kemudian nanti akan dilaksanakan oleh berbagai stakeholder yang terlibat dalam kegiatan itu. Kami perkirakan kurang lebih ada 2000 orang akan hadir dalam Natal Akbar tersebut, tapi mungkin bisa lebih karena kami juga melibatkan berbagai unsur. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan sesuai dengan skenario, " kunci Zainudin. (CAL)

  • Bagikan