Ribuan Warga Penuhi Jalan, Saksikan Pemasangan Tiang Alif Masjid An-Nasar

  • Bagikan
Desa Sepa
rosesi pemasangan tiang alif, oleh warga Dusun Lohi, Negeri Sepa. Maluku Tengah. Minggu (22/1). (Foto:Djen Wasolo/AMEKS)

Masohi, AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Ribuan warga hadiri pemasangan tiang Alif Masjid An-Nasar, Dusun Lohi, Negeri Sepa Maluku Tengah, Minggu (22/1/2023).

Prosesinya dipenuhi warga yang bukan saja berasal dari dusun tersebut saja, akan tetapi warga Negeri Kelapa Dua, Seram Bagian Barat (SBB).

Sebelum pemasangan tiang Alif dilakukan, iringan hadrat yang dilakukan pemuda Negeri Sepa, mengantarkan tiang Alif Masjid An-Nasar dari rumah iman Masjid.

Kepala Dusun Lohi, Umar Fakaubun mengungkapkan rasa syukur atas terwujudnya pembangunan masjid itu. Pasalnya, Masjid An-Nasar sudah lama dibangun, namun hingga kini baru progres pembangunan hampir rampung.

"Masjid ini sudah lama dibangun yakni 1970, dan beberapa kali mengalami perombakan, akan tetapi mengalami kendala yang cukup signifikan. Sehingga sampai hari ini baru dilakukan pemasangan tiang Alif-nya,” ujarnya.

Ketua Komisi I Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku, Amir Rumra, mengatakan ini merupakan momentum yang luar biasa, sebab dari kegiatan ini dapat kita petik berbagai hikmah.

"Kenapa tiang itu dipasang, itu menunjukkan bahwa itu tanda kemuliaan, tanda keteguhan sebagai insan," katanya.

Amir menegaskan, sebagai hamba yang beriman jangan hanya terharu pada saat pemasangan tiang Alif semata. Akan tetapi mendengar panggilan azan untuk beribadah harus menghadirinya.

"Pembangunan masjid itu penting, tapi lebih penting harus di isi sebab masjid tidak terisi seperti membangun peti mati untuk kita sendiri," tegasnya.

Dirinya juga berharap, melalui momentum pemasangan tiang Alif Masjid An-Nasar, Dusun Lohi selain meningkatkan ketaqwaan, harus juga menjadi tali ikatan persaudaraan antar sesama. (DW).

  • Bagikan