Bentrok Hitu-Wakal Rugikan Masyarakat, Kapolda: Kami Diejek, Dihina

  • Bagikan
sopir truk
Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Bentrokan antar Hitu-Wakal yang berlarut-larut merugikan masyarakat banyak. Aparat keamanan yang diminta turun, justru diejek, dihina, dan dituding tidak netral.

Penegasan ini disampaikan Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif. Polisi sedang mengkaji setiap pernyataan yang justru perkeruh kondisi kedua desa di Leihitu, Maluku Tengah yang berkonflik.

"Hati-hati untuk mengeluarkan statemen resmi di media tanpa didukung kebenaran di lapangan," kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Sabtu (4/3/2023).

Sebagai tokoh negeri, Kapolda meminta sebaiknya bersikap bijak dalam menyampaikan informasi, dan selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan. "Sehingga tidak malah memprovokasi ," ajaknya.

Menurutnya, konflik di Hitu dan Wakal bukan baru pertama kali terjadi. Dua desa ini sudah berulang kali bentrok setiap tahun, hanya karena masalah perorangan.

Konflik yang terjadi, kata Irjen Latif, sangat mengganggu kerukunan dan kedamaian di Maluku. Sebab, bukan rahasia umum lagi, setiap kali bentrok terjadi, masyarakat terlihat membawa senjata tajam, panah, senjata api rakitan, bahkan bom-bom rakitan.

Benda-benda tersebut tentunya sangat membahayakan masyarakat dan aparat keamanan yang bertugas di sana. "Dan hal tersebut merupakan kejahatan berat karena bisa menimbulkan korban jiwa," ungkapnya.

Setiap kali konflik pecah, Irjen Latif mengaku aparat keamanan selalu diminta datang untuk menjaga kamtibmas. Namun ketika aparat menjaga kamtibmas di sana, mereka malah tidak dihargai, diejek-ejek, dituduh memihak, bahkan sampai diserang menggunakan senjata api.

"Tentunya semua ini tidak bisa didiamkan karena membahayakan jiwa masyarakat dan aparat keamanan. Aparat keamanan itu ditugaskan di sana juga manusia, punya istri dan anak juga yang menunggu kepulangan mereka dengan selamat," katanya.

Olehnya itu, Kapolda menekankan, apabila yang dihadapi adalah penjahat menggunakan senjata tajam, senjata api atau bom rakitan, maka aparat wajib melakukan tindakan yang setara untuk melumpuhkan pelaku kejahatan.

"Jangan lagi ada hoaks-hoaks yang provokatif. Polri akan mencari dan menangkap pelaku-pelaku provokator yang membuat hoaks adu domba di tengah-tengah masyarakat," tegasnya.

Ia mengaku, aparat keamanan yang sedang menjaga kamtibmas di perbatasan kedua negeri di sana, juga merupakan saudara-saudara sesama anak Maluku.

"Aparat di sana itu saudara-saudaramu, mereka semua juga berasal dari Ambon dan Maluku. Mereka bukan musuhmu, mereka bukan orang luar dari Maluku, mereka datang karena perintah dan bagian tugasnya untuk menjaga dan memisahkan kalian kedua negeri yang sedikit-sedikit bentrok," ungkapnya.

Irjen Latif mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat berbenah dan berubah ke arah yang lebih baik. Berkelahilah melawan kemiskinan dan kebodohan. Marilah bersatu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Ini sudah mau bulan Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam, ini momentum bagus untuk hentikan konflik secara permanen, bukan angin-anginan. Mari memulai tali silatirahmi untuk kebaikan anak cucu dan generasi mendatang," ajaknya.

Sementara itu, Sekretaris Negeri Wakal, Akmal Samal memberikan dukungan penuh kepada Kapolda Maluku beserta jajarannya, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease dalam menyelesaikan konflik Hitu dan Wakal.

Dukungan penuh diberikan agar segera mengusut tuntas permasalahan konflik yang ada di negeri Wakal, mulai dari awal akar permasalahan sampai dengan kejadian-kejadian berikutnya. Sehingga bisa tercipta kedamaian dan kenyamanan di kedua negeri.

"Selaku sekretaris negeri Wakal, saya sangat mendukung kinerja Kapolda Maluku untuk menegakkan sebuah kebenaran demi kenyamanan masyarakat Maluku," pintanya.(yan)

  • Bagikan