Diduga Caci Maki Pegawai, Kadinkes Lantamal Bakal Diadukan ke Pomdam

  • Bagikan
Maluku Tengah
ILUSTRASI

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lantamal Ambon, Letkol Laut (K) drg. RY diduga memukul dan mengeluarkan kata makian terhadap salah satu pegawai bernama Firda Batjo. Firda berencana melaporkan tindakan atasannya itu ke satuan Polisi Militer Kodam (Pomdam).

Firda Batjo (24) kepada Ambon Ekspres mengatakan, insiden tersebut terjadi pada Jumat (17/3) sekira pukul 09.00 WIT. Saat itu Kadinkes Lantamal RY memanggilnya untuk membuka pintu salah satu ruangan atau yang biasa disebut Ruang Penindakan.

Firda pun segera membuka pintu. RY ditemani ajudannya memasuki ruangan tersebut. Begitu berada di dalam ruangan, RY langsung memarahi Firda karena melihat ruangan tersebut kotor.

RY melontarkan kata-kata makian yang tidak pantas diucapkan kepada perempuan. Firda berusaha menjelaskan, bahwa ia tidak tahu siapa yang membuat kotor karena ruangan tersebut dipakai pekerja atau buruh untuk menginap.

"Biasanya juga ada anggota yang sering pakai ruangan itu untuk tidur-tidur," ujarnya menjelaskan.

RY, kata Firda juga sempat menunjuk kaos kaki yang ada di dekat tempat tidur, dan menanyakan ini milik siapa. Ia pun menjawab tidak tahu.

Mendapat jawaban tersebut, RY semakin marah dengan mengeluarkan kata makian. Tak puas dengan memaki, ia pun dengan emosi mendorong kepala Firda. Saat itu Firda terdorong dan tersandar di tempat tidur tersebut.

Tidak sampai disitu saja, RY juga memukul Firda di bagian belakang. Mendapat perlakuan tersebut Firda mengaku hanya bisa pasrah. Sementara RY setelah melakukan pemukulan itu terus marah-marah dan pergi.

Sesuai tupoksi, akui Firda ruangan penindakan sebelumnya adalah tanggung jawabnya. Tapi saat ini ia telah ditugaskan ke Poli Umum mengganti salah satu rekannya sehingga ruangan tersebut jarang dibersihkan. Karena dalam beberapa pekan ini Kadinkes mengijinkan pekerja atau buruh yang mengerjakan garasi untuk tinggal di Ruangan Penindakan.

"Yang ijinkan pekerja tinggal di ruangan itu juga Kadinkes. Karena ada yang tinggal maka saya dan teman jarang bersihkan ruangan itu," terangnya.

Terkait kekerasan yang dialaminya, Firda mengaku akan melaporkan peristiwa tersebut secara hukum ke Pomdam. Karena sebelumnya juga Firda mengaku pernah mendapat perlakuan tidak etis dari atasannya itu.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lantamal Ambon, Letkol Laut (K) drg. RY, SP.KG.MH yang dikonfirmasi Ambon Ekspres membantah ada makian maupun kekerasan fisik terhadap Firda.

" Saat itu ada kunjungan atasan. Saya tegur kenapa (ruangan) kotor begini, suara saya keras begini, namanya juga tentara. Kalau kekerasan fisik mana mungkin. Perempuan itu. Saya hanya tepuk pundaknya. Saya sampaikan lain kali dibersihkan kalau ada perintah," ujar Ruli. (ERM)

  • Bagikan