Dua Hari Jalan PLTD Poka Ditutup, Ini Alasannya

  • Bagikan
balai jalan Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Jalur jalan Syaranamual, depan PLTD Poka, Kecamatan Baguala, ditutup selama dua hari. Penutupan ini terkait penyelesaian tahap akhir pembangunan jembatan Wai Poka.

Penutupan dilakukan untuk seluruh akses jalan termasuk jembatan sementara yang selama ini dipakai pengguna kendaraan bermotor, sebagai jalur alternatif dari Poka-Rumatiga menuju Kate-kate dan daerah sekitarnya.

Proses penutupan diberlakukan sejak Rabu (22/3/2023) mulai pukul 13.00 WIT hingga Kamis (23/3/2023) sekira pukul 19.00 WIT. Langkah ini dilakukan untuk menghindari potensi atau kemungkinan kecelakaan lalulintas selama pekerjaan dilakukan.

Wawan Talaohu dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku, satuan kerja pelaksaan jalan nasional wilayah I Maluku, yang dikonfirmasi membenarkan adanya penutupan akses jalan tersebut.

“Kami mohon maaf atas terganggunya kenyamanan pengguna kendaraan bermotor yang akan melalui jalur depan PLTD Poka, karena penyelesaian pembangunan jembatan Wai Poka,” kata Wawan.

Penutupan ini, kata Wawan, akan berlangsung selama dua hari untuk penyelesaian beberapa bagian jembatan yang kini dalam tahap ahir pekerjaan.

Menurut Wawan, pihak rekanan akan melakukan penggalian Oprit jembatan. Karena itu, untuk menghindari kecelakaan lalulintas selama pekerjaan berlangsung, BPJN memutuskan untuk meminta ijin Pemerintah Kota Ambon menutup akses jalan.

“Akan dilakukan penggalian oprit. Jangan sampai ada korban ketika lalu lalang kendaraan. Jadi kita ambil opsi penutupan agar bisa merampungkan segera pekerjaan jembatan,” kata Wawan.

Harapan mereka, setelah pemasangan Oprit selesai, saat dibuka lagi jalur jalan tersebut, sudah bisa dilakukan pengaspalan secara menyeluruh, agar masyarakat tidak perlu lagi melewati jembatan alternatif.(yan)

  • Bagikan