Ini Tanggapan Pengamat, Soal Ambisi PDIP Rebut 2 Kursi DPR RI

  • Bagikan
PDIP
Barkah Pattimahu

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Direktur Sinergi Data Indonesia (SDI) Barkah Pattimahu mengatakan, optimisme Murad Ismail selaku ketua DPD PDIP Maluku untuk mengirim dua wakil PDIP dari Dapil Maluku ke Senayan adalah target.

"Setiap partai tentu harus membuat target dan PDIP membuat itu,"kata Barkah, Selasa (28/3). Bagi publik Maluku, lanjut Barkah, target PDIP tersebut dianggap tidak mungkin dan berat atau dinilai tidak rasional karena sepanjang Pemilu demokratis, empat kursi dari dapil Maluku hanya diisi oleh empat partai politik peraih suara terbanyak.

Namun, menurut pengamat politik itu, DPD PDI Perjuangan Maluku tidak asal saja membuat target. Target yang dibuat PDIP tentu berbasis data.

Saat ini mungkin belum tergambar. Tapi sampai hari pemilihan target itu potensial tercapai, meski tidak mudah.

"Untuk meraih 2 kursi memang tidak mudah tetapi juga bukan sesuatu yang mustahil. Nasdem yang terbilang baru secara mengejutkan bisa mengirimkan wakil ke Senayan,"papar eks peneliti di Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA itu.

Karena itu, kata Barkah, untuk mencapai target tersebut Murad bersama petinggi PDI Perjuangan Maluku setidaknya harus merancang strategi matang. Jika dilakukan dengan maksimal, target tersebut sangat berpeluang dicapai.

"3 hal penting untuk mencapai target itu adalah strategi serta program kampanye yang tepat, komposisi caleg yang mumpuni dan menciptakan atau memaksimalkan momentum.
Jika 3 hal ini bisa dilakukan maka target besar pa MI (Murd Ismail-red) akan tercapai dan membuat sejarah dalam pentas politik Maluku,"jelasnya.

Hal lainnya adalah, Murad perlu membangun kembali soliditas kader PDIP karena perbedaan pandangan di internal pasti terjadi. "Sehingga target mercusuar 2 kursi bisa tercapai,"pungkas Barkah.(TAB/WHB)

  • Bagikan