Rektor IAIN Ambon Unggul di Pemilihan Pj. Gubernur Maluku

  • Bagikan

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan tiga nama Calon Pj. Gubernur Maluku oleh DPRD Maluku dilakukan Rabu (29/11/2023). Dari 45 anggota DPRD Maluku hanya 42 yang memberikan hak suara saat pemilihan.

Sebanyak lima peserta yang mendaftar, tiga diantaranya memperoleh suara terbanyak hasil perolehan suara. Mereka adalah Rektor IAIN Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin M.Si (31 suara) Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel (31 suara) dan Drs. H. Jufri Rahmah M.Si. (29 Suara).

Sedangkan dua lainnya, Rektor Universitas Pattimura Ambon Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH. (7 Suara) urutan ke empat, Olivia Chadidja Salampessy (6 Suara) urutan ke lima.

DPRD kemudian skorsing dan membuka kembali pemilihan putaran kedua untuk peserta yang perolehan suara sama, antara Rektor IAIN Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin M.Si (31 suara) Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel.

Pemilihan putaran ke dua ini, tersisa 41 anggota DPRD. Andi Munaswir yang sebelumnya hadir putaran pertama ijin di putaran dua.

Diputaran ke dua ini, setiap anggota DPRD hanya dibolehkan memilih satu nama untuk menetapkan siapa pemenang pertama dan kedua dari calon tersebut yang memperoleh hasil suara imbang. namun salah satu anggota memilih tidak memberikan hak suara. Sehingga total yang memberikan hak suara 40 orang.

Rektor IAIN Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin M. akhirnya unggul dengan memperoleh ( 21 suara), sedangkan Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel.
(19 Suara).

Dengan demikian, sesuai perengkingan Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin diperingkat pertama, Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel ke dua dan Drs. H. Jufri Rahmah M.Si peringkat ke tiga.

Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun saat membaca berita acara hasil pemilihan dan perolehan suara menyebutkan, dari tiga nama ini akan di usulkan ke pemerintah pusat melalui Mendagri
tidak berdasarkan angka perolehan suara, tetapi lewati rangking satu hingga tiga.

"Dengan hasil ini maka, rangking pertama Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel ke dua dan Drs. H. Jufri Rahmah M.Si peringkat ke tiga. Kita berharap, semoga satu diantara ketiga orang ini akan ditetapkan menjadi Pj. Gubernur Maluku nanti,"ungkap Benhur. (wahab)

  • Bagikan