Disambar Petir, Kapal Nelayan Terbakar, Lima ABK Luka Serius

  • Bagikan
Dobo
Prajurit Lanal Aru, dan Tim SAR mengevakuasi korban luka bakar ke RS Cendrawasih, Dobo. (Foto: Tangkapan Layar)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID —Kapal Motor Bayu Sentosa III terbakar akibat disamber petir. Lima dari 12 Anak Buah Kapal (ABK) mengalami luka bakar, sementara Nahkoda Kapal masih dalam pencarian Tim SAR.

Nakoda KM. Bayu Sentosa III yang sedang dalam pencarian Tim SAR, bernama Tjeng neng/Cham Thao berusia 48 Tahun. Sementara lima ABK yang alami luka bakar, sudah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Cendrawasih, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.

Insiden ini dimulai pada Minggu (4/2/2024) sekira pukul 01.00 WIT dini hari. Saat itu, KM. Bayu Sentosa III melaksanakan campak (Tebar pancing rawai) pada koordinat L:4,44,500 dan B:136,00,000 di perairan laut Amar Timika, Papua, dengan cuaca hujan disertai petir.

Selesainya melaksanakan campak (Tebar pancing rawai), kata Danlanal Aru Letkol Prasetyo AH, para ABK melaksanakan pergantian jaga.

Sekira pukul 04.00 WIT, lanjut Danlanal, pergantian jaga, sebagian korban lalu duduk di haluan yang akan melaksanakan penarikan pancing rawai, spontan haluan kapal tepatnya pada holer (gold), tersambar petir yang keras.

“Sembaran petir mengeluarkan api dan mengarah pada tangki palka yang berisi BBM solar. Sehingga mengakibatkan terjadi ledakan, sebagian ABK yang berada di haluan tersiram oleh BBM solar yang berada di tangki tersebut,” kata Danlanal.

Pada saat mesin masih menyala, api justru kian membesar disertai angin kencang. Kapten kapal mengarahkan kapal kepada arah angin, selang beberapa menit mesin kondisi mati. Sehingga api mengarah kepada buritan kapal.

“Pada saat api mengarah ke buritan kapal, selanjutnya sebagian ABK kapal melompat ke laut, akan tetapi kapten kapal masih mengamankan dokumen yang berada di anjungan,” ungkap Danlanal.

Sekira pukul 05.00 WIT KM. Bahtera Nuh III, melihat KM. Bayu sentosa III kondisi terbakar. Kapal itu menuju KM. Bayu sentosa III untuk mengevakuasi korban ke l KM. Bayu Sentosa IV yang masih satu rombongan.

“Sekira Pukul 10.00 WIT agen (pengurus) kapal KM. Bayu sentosa III Ibu angel melaporkan kejadian tersebut kepada Lanal Aru meminta bantuan mengevakuasi korban. Pukul 13.00 WIT prajurit beserta anggota kesehatan BP Lanal Aru menuju ke pelabuhan umum Yos Soedarso Dobo,” kata Danlanal.

Bayu Sentosa IV tiba di pelabuhan umum Yos Sudarso Dobo, sekira pukul 14.00 WIT, selanjutnya prajurit Lanal Aru mengevakuasi 12 korban Abk kapal KM. Bayu Sentosa III yang terbakar. menuju ke RSUD Cendrawasih dengan menggunakan Randis Ambulance Lanal Aru.

KM Bayu Sentosa III yang dinahkodai Tjeng Beng/Cham Thao, bertonase 109 GT. Pemilik kapal ini adalah Rembo, beramat di Probolinggo. Di kapal ini terdapat 12 orang ABK, berbendera Indonesia, dengan Keagenan Dobo Enjel alias Agiok.

Nama ABK KM. Sentosa III yang luka bakar:
Baharudin
Alfin
Adis Febrianto
Ridwan
Ahmad Sari

ABK Selamat tanpa Luka:
Andi
Edi Saputra
Heriyanto
Muhammad Rizky
Sawal Sabani
Zahmor
Kusnadi

Danlanal Letkol Prasetyo AH kepada wartawan, Senin (5/2/2024) di Dobo, mengungkapkan lima ABK mengalami luka serius. Sementara Kapten Kapal hilang masih dalam pencarian.

“Korban luka bakar sudah dievakuasi ke Rumah sakit Cendrawasih, sementara Kapten Kapal KM Bayu Sentosa III masih dalam proses pencarian,” kata Danlanal.(yani)

  • Bagikan