Anggota PTPS tak di-Bimtek, Ketuanya Suruh Nonton di Medsos

  • Bagikan
Seram Bagian Barat
PTPS Pemilu tahun 2024, Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sebanyak 31 Petugas Pengawas Pengumutan Suara (PTPS) Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), belum juga mendapat Bimbingan Teknis dari Panwas Kecamatan setempat.

Para petugas pengawas Pemilu ini, khawatir terjadi kesalahan jelang pencoblosan nantinya. Padahal sebelumnya mereka sudah dilantik oleh ketua Panwas Kecamatan (Panwascam) Kepulauan Manipa, Nayu Makatita dan didampingi anggota Panwascam pada 22 Januari lalu.

Namu hingga menjelang Tujuh (7) hari Pemilu, belum juga ada kejelasan terkait Bimtek. Padahal di daerah-daerah lain semuanya suda selesai mengikuti Bimtek.

Hal tersebut diungkap salah satu sumber yang juga selaku anggota PTPS, Kecamatan Kepulauan Manipa kepada Ambon Ekspres. Selasa (6/2/2024).

"Pemilu ini kan tinggal 7 hari lai, tetapi Katong (Kami) belum juga mendapat pelatihan terkait bekerja di lapangan bagaimana cara, dan aturan-aturan sebagai pengawas TPS,” ungkapnya.

Sebagai orang baru yang belum memahami tugas dan fungsi sebagai PTPS, dia mengaku berharap dilakukannya bimtek itu. Seluruh antribut PTPS saat ini telah disiapkan pihak panwascam.

Hal itu makin menambah kekhawatirannya sebagai salah satu anggota baru yang belum memahami secara detil soal tugas-tugas pokok PTPS itu sendiri.

" Tadi saya (beta) sudah menanyakan kepada ketua soal waktu Bimtek, tetapi ketua menjawab kita tunggu saja dulu. Kami masi tunggu arahan soal jadwal Bimtek, bahkan ketua hanya perintahkan kami untuk membaca atau nonton di medsos soal cara kerja sebagai PTPS, itu kan aneh,” kesalnya.

Dia berharap adanya perhatian serius dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten, Ketua Bawaslu Provinsi, Ketua Bawaslu Kabupaten agar lebih serius menanggapi masalah ini sebelum hari H pencoblosan.

"Tinggal beberapa hari lagi sudah pemilu, saya berharap adanya perhatian serius dari ketua Bawaslu Provinsi dan Kabupaten terkait masalah seluruh PTPS di kecamatan Dapil 5 Seram Barat terkhususnya Kecamatan Kepulaun Manipa,” tandasnya (jardin papalia)

  • Bagikan