Kursi DPRD Maluku, PDIP Pimpin Perolehan Suara di Malteng

  • Bagikan
Kursi DPR Dapil Maluku

Masohi, AMEKS.FAJAR.CO.ID - ReKapitulasi penghitungan perolehan suara calon anggota DPRD Maluku daerah pemilihan (Dapil) III-Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) masih berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun, berdasarkan data di Sistem Rekapitulasi Suara atau Sirekap, PDI Perjuangan masih unggul.

Pantauan Ambon Ekspres melalui real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) di laman Sirekap atau pemilu. kpu.go.id, Senin (26/2/2024) pukul 19.00 WIT, progres perolehan suara dari dapil 3 telah mencapai 69,82 persen, atau telah dilakukan rekapitulasi 857 dari total 1.237 TPS di Maluku Tengah.

PDI Perjuangan berada di urutan pertama dengan perolehan suara sementara 15.293 dengan rincian akumulasi suara partai dan suara caleg.

Posisi kedua Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan 13.701 suara. Diikuti oleh Partai Nasdem 10.238 pada posisi ketiga. Posisi keempat, Partai Perindo dengan total suara sementara 10.157, Partai Keangkitan Bangsa (PKB) suara 9.099 pada posiai kelima, posisi keenam Partai Ger kan Indonesia Raya (Gerindra) yang mengantongi 8.765 suara.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menduduki posisi ke tujuh denga total suara sementara 8.712, mengungguli Partai Golkar yang berada pada posisi delapan dengan perolehan total suara 7.805.

Sedangkan pada posisi sembilan dan sepuluh adalah Partai Demokrat 6.610 suara dan Partai Amanat Nasional (PAN) 6.219 suara.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 tertanggal 6 Februari 2023, daerah pemilihan untuk anggota DPRD Provinsi Maluku masih tetap sama seperti tahun 2019, dimana Dapil 3 (Maluku Tengah) mendapat jatah 9 kursi DPRD Maluku.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Maluku Tengah, Herry Men Carl Hau-issa masih optimis partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu masih menjadi partai dengan kompetitor terbaik.

"Jadi untuk perolehan kursi DRPD Provinsi hingga Kabupaten, saya meyakini Gerindra akan kebagian kursi DRPD," ucapnya.

Optimisme tersebut didasarkan pasca dirinya
menerima laporan perolehan suara dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di daerah Maluku Tengah.

Meskipun begitu, Haurissa tidak menyebutkan berapa angka pasti perolehan suara sementara dari caleg Gerindra pada masing-masing Dapil.

Namun dia menginformasikan bahwa perolehan suara partai maupun perseorangan bisa mempertahankan kursi DPRD untuk periode kedua di tingkat Kabupaten hingga level provinsi.

"Perolehan suara caleg kita di semua Dapil lumayan. Kita belum bisa sampaikan karena sampai hari ini tim kami masih terus bekerja dan juga menunggu hasil dari penyelenggara pemilu," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku Tengah, Abdussamad Ningkeula mengungkapkan hingga kini terdapat empat PKK yang telah selesai melakukan rekapitulasi.

"Untuk sekarang yang baru selesai itu PKK Nusa Laut, Seram Utara Barat, Seram Utara Timur Setii dan Teluk Elpaputih," ucap Ningkeula via Whatsapp, tadi malam. (djen wasolo)

  • Bagikan