DPRD Usul Sekwan, Mantan Bupati Mimika Hingga Anak Buah Murad Jadi Pj Walikota Ambon

  • Bagikan
DPRD Kota Ambon
Hasil pemilihan Calon Pejabat Walikota Ambon di DPRD Kota Ambon, Kamis (28/3/2024).

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - DPRD Kota Ambon menetapkan tiga nama calon Pejabat Walikota Ambon untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri. Penetapan dilakukan dalam rapat paripurna internal Kamis (28/3/2024).

DPRD Kota Ambon punya waktu hingga 1 April 2024 mendatang untuk mengusulkan tiga nama, pasca Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin Wattimena akan turun dari jabatan pada 24 Mei 2024 mendatang.

Wattimena telah menjabat dua kali sejak 2022-2023 dan 2023-2024. Atas hal tersebut, Kemendagri lantas telah mengirim surat yang sudah diterima DPRD Kota Ambon, untuk segera mengusulkan nama-nama calon Pj Walikota paling lambat 1 April 2024 mendatang.

Menindaklanjuti surat Kemendagri itu, DPRD Kota Ambon akhirnya memilih tiga dari delapan nama untuk diusulkan berdasarkan voting dari fraksi-fraksi demi mencari keputusan bersama.

Tiga nama yang mendapat voting tertinggi adalah, Sekretaris DPRD Kota Ambon Apries Gaspersz, Anak buah Gubernur Murad Ismail yang kini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Melky Lohy, serta Mantan Pj Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah, Valentino S Sumitro.

Apries berhasil keluar sebagai pemenang pertama dengan perolehan delapan suara, diikuti Melky Lohy diposisi kedua dengan empat suara, dan Mantan Pj Bupati Mimika di urutan ketiga dengan tiga suara.

Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta mengaku, tiga nama yang telah diputuskan dalam paripurna internal itu, akan langsung diusulkan malam ini juga ke Mendagri melalui Email.

“Batas waktu pengusulan sampai tanggal 1 April 2024. Untuk tiga nama itu, malam ini juga akan dikirim ke Kemendagri melalui online/email, nanti baru fisiknya menyusul,”ungkapnya.

Dikatakan Ely, tiga nama yang diusulkan itu merupakan hasil keputusan dari DPRD Kota Ambon. “Nanti ada tiga nama lagi dari Gubernur Maluku yang diusulkan juga ke Kemendagri,”tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengaku, semua nama yang masuk dalam voting telah berdasarkan usulan dari sembilan fraksi yang ada di Baileo Rakyat Belakang Soya.

Menurutnya, pemilihan dilakukan tertutup dan nama-nama tersebut murni muncul dari fraksi-fraksi sehingga tidak bisa diketahui. Termasuk nama Valentino S Sumitro yang asing di telingah wakil rakyat maupun warga Kota Ambon.

“Seluruh fraksi hadir semua. Dan itu nama-nama hasil usulan mereka. Karena sifatnya bukan usulan per anggota tapi sesuai fraksi. Jadi tidak bisa tahu nama Valentino Sumitro dari mana. Mungkin orang Kemendagri,” jelasnya.

Selain ketiga nama itu, Latupono mengaku, nama-nama lain juga muncul dan diusulkan oleh fraksi-fraksi seperti Murtono, Ismail, Dominggus Kaya dan Roy Siauta.

Perlu diketahui, Valentinus Sudarjanto Sumito merupakan Pj Bupati Mimika yang dilantik pada 20 Juni 2023, dan telah selesai bertugas pada September 2023 lalu.

Sebelum menjadi Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito juga pernah menjabat sebagai Pj Sekertaris Daerah Papua Tengah, dan kini sudah kembali bertugas sebagai Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, Kemendagri.

Terpisah, Valentinus Sudarjanto Sumito yang dikonfirmasi Ambon Ekspres melalui WhatsApp, Kamis (28/3) mengatakan, ia hanya beberapa bulan saja menjabat sebagai Pj Bupati Mimika.

“Saya dilantik sebagai Pj Bupati Mimika pada 20 Juni 2023. Namun semenjak bulan September 2023, saya sudah kembali bertugas di Kemendagri,”ungkapnya.

Mengenai namanya yang masuk dalam tiga besar voting di DPRD Kota Ambon, sebagai Calon Pj Walikota, Valentinus Sudarjanto Sumito mengaku sangat Respect.

“Saya sangat respect untuk hal tersebut. Terimakasih atas atensinya. Prinsipnya saya ini abdi negara yang patuh pada aturan dan siap ditempatkan dimana saja,”tutupnya.(zainal patty)

  • Bagikan