Semua Bakal Cagub Boleh Daftar ke PDIP, Benhur: Kecuali Murad Ismail

  • Bagikan
Ketua DPD PDI-Perjuangan Maluku
Benhur Watubun

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - DPD PDIP Maluku dalam waktu dekat membuka pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024. Partai berlambang kepala banteng ini membuka "pintu" untuk semua kandidat, terkecuali Murad Ismail.

Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur George Watubun mengatakan, surat DPP untuk penjaringan bakal calon gubernur sudah diterima. Selanjutnya akan dilakukan rapat internal pembentukan tim penjaringan untuk pendaftaran bakal calon.

Benhur mengatakan, partai yang ia pimpin sangat terbuka bagi semua kandidat, seperti Barnabas Nathaniel Orno, Febri Calvin Tetelepta, Jeffry Apolly Rahawarin, hingga Said latuconsina. Bahkan, partai pemenang pemilu 2024 ini menutup rapat pintu rekomendasi Murad ismail.

"Pendaftaran kita terbuka kepada siapa saja ya. Ada Barnabas Orno, Febri Calvin Tetelepta, JefrRahawarin, Said Latuconsina. Kecuali Murad, PDIP lewat Ketua umum Ibu Megawati tutup pintu rapat-rapat. Kalau dia tetap mendaftar kami tolak," ujar Benhur kepada awak media, Senin (1/4/2024).

Sesuai mekanisme dan aturan partai, jelas Benhur, DPP memiliki kewenangan untuk menerbitkan dan memberikan rekomendasi kepala calon gubernur. Tetapi selama penjaringan
berlangsung, sangat dibutuhkan kandidat yang memiliki dedikasi tinggi, wawasan nasional dan sejumlah syarat lainnya.

"Kenapa ini harus dilihat secara cermat, agar nama yang dibawah ke Jakarta betul-betul perfomance. Karena berangkat dari pengalaman, ada pemimpin yang dia belum mapan soal etika dan moral dan itu sangat mempengaruhi keputusan nanti," tegas Ketua DPRD Maluku itu.

Dia menambahkan, PDIP sangat menginginkan calon gubernur, bukan wakil. Partak ini hanya membutuhkan koalisi dengan satu partai politik saja.

PDIP juga bakal melakukan survei internal untuk mengetahui tingkat penerimaan figur calon gubernur di masyarakat. "Penjaringan dalam waktu dekat ini sudah dibuka. Kemungkinan kita mau selaraskan DPD dan DPC semua pendaftaran dibuka bersamaan,"tandasnya. (Wahab)

  • Bagikan