11 KK Sempat Mengungsi, Ini Lokasi Bencana di Ambon

  • Bagikan
Ambon
Pohon tumbang di salah satu ruas jalan di Ambon.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di Kota Ambon, dalam beberapa hari terakhir ini menimbulkan banjir, longsor, dan pohon tumbang. Bencana alam itu menghantam wilayah Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, dan Baguala.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy mengungkapkan, bencana alam terjadi tiga kecamatan tersebut.

“Longsor dan pohon tumbang terjadi di kecamatan Sirimau, Nusaniwe, dan Baguala. Tepatnya berada di Kayu Putih, Soya, Wara dan BTN Manusela, Desa Batumerah, Skip, Amantelu, Batumeja, Siwang, Mangga Dua, Passo dan Karang Panjang,”kata dia kepada media ini, Senin (13/5).
Menurutnya, bencana alam yang terjadi juga tidak sampai menghancurkan bangunan rumah warga, terutama longsor.

“Bencana alam baik longsor maupun pohon tumbang sesuai data sementara kita itu, menimpah Keluarga Fredy Wattimena, dan Nyong Nanlohy Fredy Wattimena di Karpan. Itu longsor sampnig rumah. Kemudian ke- luarga Ronald Patotnem dan Yusup Melmambessy, di RT/RW 005/005, Amantelu,” kata dia.

“Lalu Melkias Pieter Tentua, RT/RW 003/002, Kelurahan Soya, serta keluarga Helmy Tandigoa Kelurahan Benteng RT/ RW 003/006,” tambah Fahmi.

Dikatakan, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun ada sejumlah rumah alami rusak pada bagian atap.

“Tidak ada korban meninggal maupun sampai masuk Rumah Sakit, namun dari peristiwa itu mengakibatkan 11 Kepala Keluarga dan 41 jiwa mengungsi ke keluarga dekat mereka. Ada sekitar dua hingga tiga rumah warga yang alami rusak dibagian atap,” terangnya.

Selain itu kata dia, pohon tumbang juga terjadi disejumlah ruas jalan utama kota Ambon.
“Ada juga pohon tumbang tapi saat itu sudah langsung ditangani oleh tim BPBD dan Pemadam kebakaran,”ujarnya.

Fahmi mengaku, pihaknya kini sudah memberikan bantuan tanggap darurat kepada keluarga yang menjadi korban bencana alam.


“Seluruh korban bencana maupun warga yang terdampak bencana, sudah kita berikan bantuan tanggap darurat, seperti terpal, kemudian sekop, karung dan gerobak. Sedangkan bantuan makanan siap saji dan bantuan lainnya men- jadi tanggungjawab dinas Sosial,”tandasnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan, pihaknya sudah langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban bencana alam tersebut.

“Kita sudah memberikan bantuan makanan siap saji, dan tanggap darurat (bufferstock) untuk korban bencana,”kata dia.

Diakui, bantuan terse-but diserahkan langsung tim yang dipimpin Sekretaris Dinas Sosial Kota Ambon, Imelda Tahalele.

“Bantuan kita salurkan langsung oleh ibu Sekdis dibeberapa titik yang ada,”tandasnya.(ars hehanussa)

  • Bagikan