Resmi Ambon SBB Buru, Punya Pj Kepala Daerah Baru, Dilantik Pj Gubernur

  • Bagikan

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Penjabat (Pj) Gubernur Maluku, Sadli Ie, resmi melantik Penjabat Walikota Ambon, Pj Bupati Seram Bagian Barat (SBB) dan Pj Bupati Buru, di Gedung Islamic Center, Jumat (24/4) kemarin.

Untuk Kota Ambon, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menunjuk Kepala Biro pemerintahan Setda Maluku, Dominggus Kaya sebagai Pj Walikota, menggantikan Bodewin Wattimena, yang telah memimpin selama dua tahun berturut-turut.

Sementara untuk Kabupaten SBB, Jenderal TNI Bintang Satu Andi Chandra As’aduddin yang memimpin sejak 2022 hingga 2024, digantikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Jais Ely sebagai Pj Bupati.

Sama halnya dengan Andi dan Bodewin, Pj Bupati Buru dua tahun, Djalaludin Salampessy, juga diganti oleh Kepala BPBD Provinsi Maluku Syarif Hidayat.

Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, dalam sambutannya mengatakan, tugas prioritas seorang Penjabat Kepala Daerah sebagaimana yang disebutkan dalam keputusan Mendagri, adalah memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional Pilkada Serentak 27 November 2024.

“Itu antara lain, memastikan ketersediaan alokasi dana sesuai NPHD yang disepakati. Kemudian Pj juga bertanggungjawab menjaga netralitas ASN dilingkup Pemda masing-masing,”tegasnya.

“Kepada para aparatur sipil negara, saya perintahkan untuk mendukung penuh para Penjabat yang baru dilantik, baik itu Pj Walikota Ambon, Pj Bupati Buru, maupun Pj Bupati SBB,”ujarnya.

Kepada ketiga Pj, Sadali mengatakan agar ke depan dalam menjalankan tugas bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh, berkomitmen, transparan dan akuntabel.

“Karena sebagai penjabat, sudara wajib melaporkan kinerja masing-masing setiap tiga bulan sekali kepala Mendagri maupun kepada Gubernur,”terangnya.

Para Pj juga harus segera melakukan koordinasi internal jajaran birokrasi, kemudian Forkopimda, DPRD, Instansi Vertikal, TNI-Polri, Tokoh Agama, dan masyarakat lainnya.

“Para Pj juga harus menjalankan arahan Presiden Indonesia, tentang pengendalian inflasi, penurunan Stunting, penurunan angka Kemisikinan,”tandasnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Maluku juga mengucapkan terimakasih kepada Andi Chandra, Bodewin Wattimena, serta Djalaludin, atas dedikasinya selama menjadi Penjabat dua tahun terakhir.

Dari pantauan Ambon Ekspres di Gedung Islamic Center, acara pelantikan dihadiri oleh para mantan Penjabat seperti Bodewin Wattimena, Andi Chandra, dan Djalaludin Salampessy.

Selain itu, para Forkopimda Maluku, Forkopimda SBB, Kota Ambon, dan Buru serta para anggota DPRD kemudian pimpinan OPD dari tiga Pemda dimaksud juga terlihat menghadiri acara pelantikan.(ZAP)

  • Bagikan