Bikin Bangga Maluku, 4 Mahasiswi Unpatti Juara Debat Ilmiah Nasional

  • Bagikan
Unpatti
Mahasiswi Unpatti yang didampingi Warek, usai meraih penghargaan ajang debat nasional. (foto by unpatti)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Empat mahasiswi asal Universitas Pattimura (Unpatti) bikin bangga Maluku, dengan berhasil meraih prestasi terbaik dalam ajang University Debating Championship (NUDC).

Dikutip dari unpatti.ac.id, dalam ajang debat yang berlangsung sejak 26 Mei dan baru selesai 2 Juni 2024 yang diselenggarakan di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Unpatti diwakili oleh Nurul Azizah Rahman Marasabessy mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Debater).

Godelieva Brigitte Nanulaita mahasiswa Fakultas Hukum/Ilmu Hukum (Debater), Alifya Andana Arifin mahasiswa Fakultas Hukum/Ilmu Hukum (Adjudicator) dan Riska mahasiswa Fakultas KIP/Pendidikan bahasa Inggris (Pendamping).

Mereka berhasil meraih juara pertama tingkat Wilayah LLDIKTI Wilayah XII dan 3rd Runner-Up Novice Category. Atas kemenangan itu, mereka juga membawa pulang medali emas, piala dan bantuan dana pendidikan.

Diketahui, semasa berlomba, Tim selalu didampingi dan disuport oleh pihak Universitas yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun.

"Universitas tentunya selaku memberikan dukungan sebagai motivasi kepada mereka untuk berkompetisi dan meraih prestasi,”ujarnya.

Dikatakan, Debat National University Debating Championship yang berlangsung sejak tanggal 26 Mei hingga 2 Juni 2024, di Universitas Terbuka, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten itu, diselenggaran oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan itu, prestasi yang raih oleh tim NUDC Universitas Pattimura menunjukan bahwa mahasiswa Unpatti juga mampu bersaing ditingkat nasional dengan perguruan tinggi lainnya, dan dapat mengembangkan kemampuan terbaik dalam berfikir kritis dan komunikasi melalui media debat ilmiah.

"Ini menunjukan mahasiswa Unpatti juga mampu menyampaikan pendapat secara logis dan sistimatis terkait permasalahan nasional dan internasional serta alternatif pemecahannya, dan mampu menciptakan kompetinsi yang sehat diantara mahasiswa,”ujarnya.

Dengan prestasi ini pihaknya berharap, dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk menorehkan prestasi sesuai kemampuan yang dimiliki. (unpatti/yani)

  • Bagikan