Pemerintah Siapkan 2 Tempat Bagi “Jagoan” Teknologi, Ini Kata Kanada

  • Bagikan
Airlangga Hartarto
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Perdagangan Internasional, UKM dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng, Rabu (2/10/2022) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. (Foto: Kemenko Perekonomian)

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Indonesia telah menyiapkan Nongsa Digital Park di Batam, dan KEK Singosari Malang, dengan infrastruktur yang sudah memadai bagi pengembangan talenta di bidang digital.

Hal Ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu Menteri Perdagangan Internasional, UKM dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng, Rabu (2/10/2022).

Dalam pertemuan yang dihadiri juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menko Airlangga menyinggung tersedianya studio animasi dan studio alam di kawasan Nongsa seperti halnya studio film di Vancouver.

Karena itu, Menko Airlangga meminta Kanada terbuka untuk bekerja sama dalam meningkatkan kapasitas talent Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan semi konduktor.

Menteri Mary mengatakan, Kanada merupakan pengembang artificial intelligence (AI) dan pemrograman semi konduktor terbesar di dunia serta memiliki program pendidikan dan pelatihan dalam bidang tersebut.

Menteri Mary menjelaskan Kanada memiliki populasi Muslim yang cukup besar, sehingga terdapat potensi people-to-people exchanges pada sektor pendidikan.

Sebagai upaya meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia ke Kanada, Kedutaan Besar Kanada telah menyelenggarakan Study Fair di beberapa kota di Indonesia untuk mempromosikan pendidikan di Kanada serta proses imigrasi ke Kanada.

Kedua Menteri berpandangan sama bahwa ada potensi besar, untuk berkolaborasi dalam rangka meningkatkan kemampuan digital tenaga kerja Indonesia dengan Kanada dimana Kanada memiliki digital super cluster di Vancouver.

Pihak Kedutaan Besar Kanada menyampaikan bahwa akan menindaklanjuti potensi kerja sama tersebut, dan menyampaikan bahwa LaSalle College yang sudah 25 tahun berada di Indonesia merencanakan untuk memperluas ke edukasi digital.

Pada kesempatan pertemuan yang berlangsung hangat, Menko Airlangga menawarkan Dubes Kanada di Jakarta, Nadia Burger untuk meninjau langsung Nongsa Digital Park (NDP) dan KEK Singosari yang telah memiliki infrastuktur yang mampu menarik generasi muda, diantaranya studio alam untuk memproduksi film.(*/yan)

  • Bagikan